by

Update Hari ini, Bonza: Sulsel Tertinggi Indeks Penularan di Indonesia

Rapid Test (ilustrasi)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Selain masih berada pada peringkat ke-4 terbesar dengan kasus positif terbanyak secara kumulatif, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi provinsi dengan indeks penularan (Rt) corona tertinggi di Indonesia. Dengan Makassar sebagai episenter wabah.

Adapun Rt Sulsel tersebut berdasarkan data Terakhir yang diperbarui Sabtu (13/6/2020) pukul 12.13 Bonza.

‘FooterBanner’


Indeks penularan di Sulsel masih menyentuh angka 1,59 seperti hari sebelumnya. Angka ini yang tertinggi dibanding dengan 33 provinsi lainnya.

Berikut 10 Provinsi Tertinggi Indeks penularannya:

Menghitung Angka Rt

Rt adalah angka reproduksi efektif COVID-19 di setiap wilayah/negara. Ia memberi gambaran tentang kondisi epidemi terkini lewat estimasi jumlah rata-rata penularan yang terjadi per satu kasus infeksi. Angka Rt berubah dari waktu ke waktu, dan dapat dipakai untuk mengukur laju penularan virus secara real-time.

Angka Rt dihitung dengan pemodelan matematika. Model pelacakan Rt kami terinspirasi oleh karya Bettencourt & Ribeiro (2008) serta Systrom (2020), dan telah dikalibrasi untuk menggambarkan kondisi COVID-19 di Indonesia. Park et al. (2020) memperkirakan masa inkubasi koronavirus berlangsung dalam 4–6 hari, dengan interval serial (jarak antara infeksi pertama dan infeksi berikutnya) 4–8 hari. Untuk model ini, interval serial yang digunakan adalah 7 hari.

BACA JUGA:  Akhir Pendaftaran DIKLATSAR I BRIGADE 83 BAIN HAM RI Diminati Aktifis Mahasiswa

Garis abu menunjukkan terdapat kemungkinan 90% bahwa estimasi angka Rt yang sesungguhnya berada dalam rentang ini. Seiring peningkatan jumlah tes, kepercayaan terhadap estimasi pun meningkat dan dapat menyebabkan garis abu menyempit.

Kami mengeluarkan usaha terbaik untuk menghitung Rt secara akurat. Namun, model kami — sebagaimana semua model matematika — turut memiliki limitasi. (Ip)

Sumber: https://www.thebonza.com/dashboard

‘PostBanner’

Comment