by

Bincang Bersama Market Manager tiket.com Area Sulawesi dan Indonesia Timur Terkait Industri Parawisata di Tengah Pandemi Covid 19

Keterangan Foto: Market Manager tiket.com Area Sulawesi dan Indonesia Timur

Smartcitymakassar.com – Makassar. Berbicara mengenai kondisi industri pariwisata di tengah pandemi saat ini, memang tidak bisa dipungkiri dan dihindari sektor ini adalah yang terkena dampak signifikan .Bisnis perhotelan termasuk di dalamnya.

Indikasinya bisa dilihat dari beberapa event besar yang seharusnya dilaksanakan di seluruh Indonesia akhirnya ditunda karena pandemi. Hal ini mempengaruhi okupansi dan menurunkan pendapatan hotel secara drastis.

‘FooterBanner’


Di lain sisi, manajemen beberapa hotel dihadapkan dilema memilih hotel tutup sementara dan “merumahkan” karyawannya atau tetap buka dengan “merumahkan” beberapa karyawannya.

Apapun yang di pilih,dinilai oleh Ummu Kalsum Market Manager tiket.com Area Sulawesi dan Indonesia Timur menjadi keputusan yang sulit.

Baginya situasi ini tidak pernah di duga sebelumnya. Dia mengapresiasi hotel yang tetap mampu menghadirkan paket dan promo yang beragam. Dia juga berharap tiket.com bersama semua hotel bisa bersama-sama melewati ini semua.

Berikut adalah petikan wawancara smartcitymakassar.com dengan sosok yang pernah bekerja di perhotelan selama 11 tahun, Kamis (4/6) via WhatsApp.

Sebelumnya Anda pernah lama bekerja di dunia perhotelan, bagaimana melihat situasi yang harus dihadapi industri pariwisata khususnya bisnis perhotelan ?

Saya besar dan berkarir di hotel lumayan lama sekitar 11 tahun dan dari sanalah saya belajar dan mencintai dunia digital marketing yang sekarang ini saya tekuni selama 2 tahun lebih.

Melihat sektor pariwisata adalah sektor yang terkena dampak signifikan, pada akhirnya juga membuat bisnis perhotelan mengalami hal yang sama. Indikasinya bisa dilihat dari sejumlah event besar yang seharusnya dilaksanakan di Makassar akhirnya ditunda karena pandemi. Belum lagi beberapa perusahaan meminimalkan atau bahkan meniadakan untuk sementara waktu perjalanan dinas, karena menjaga juga kesehatan karyawan mereka sehingga menurunkan angka okupansi dan mengakibatkan penurunan pemasukan hotel di Makassar secara drastis.

Berarti Anda tahu ada beberapa hotel harus merumahkan sementara karyawannya? Ada komentar ?

Iya saya tahu. Banyak sahabat yang sudah seperti keluarga sendiri bekerja di beberapa hotel. Jelas sedih ketika melihat teman teman yang terkena dampak. Mereka pun tidak pernah memikirkan hal ini bisa terjadi . Akan tetapi saya yakin keputusan ini juga merupakan pilihan yang sulit bagi manajemen hotel. Karena ini force majeure (keadaan yang terjadi di luar kemampuan manusia), jadi memang tidak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya sedangkan pengeluaran operational ( cost ) hotel harus ditekan di saat seperti ini.

BACA JUGA:  Pesan Menu Favorit Kamu di Foodiskon GoFood

Lalu apa saran buat mereka?

Saya menyarankan untuk teman teman yang terkena dampak tetap semangat dan jangan berkecil hati. Tetap jaga kesehatan, banyak hikmah yang bisa kita ambil di situasi saat ini dan melihat dari sisi positifnya. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan ilmu dan keahlian yang didapatkan di hotel selama ini untuk menjadi sumber mata pencaharian tambahan dan pastinya masih bisa berkreasi. Apalagi sekarang kita didukung dengan teknologi digital yang sangat mudah diakses untuk pemasaran dan tidak menutup kemungkinan bisa saja jadi bisnis sendiri.

Bagaimana Anda melihat hotel di Makassar yang tetap buka atau sempat tutup, dan kembali buka sekarang ?

Hotel-hotel di Makassar saya lihat sudah sangat kreatif dengan membuat promo atau paket yang sangat beragam di tengah kondisi sekarang. Hal seperti ini yang harus tetap dipertahankan dan di kembangkan. Mari kita biasakan beradaptasi dengan keadaan dan sama sama memanfaatkan semua channel pemasaran,khususnya media digital marketing/online distribution channel untuk membantu pemasaran hotel. Diantaranya adalah tetap bekerjasama dengan tiket.com untuk bersama-sama mengahadapi keadaan ini. Apalagi kita memiliki keterbatasan ruang gerak saat ini untuk melakukan pemasaran secara langsung ke customer.

Terakhir, bagaimana Anda melihat peran pemerintah?

Menurut saya pemerintah sudah sangat bekerja keras dan berusaha dalam mengatasi pandemi saat ini dengan menekan angka penularan dan menangani dampak akibat wabah. Terlebih negara kita memiliki area yang cukup luas, pastinya tidak mudah bagi pemerintah untuk menangani semua dengan cepat.

Disinilah peran kita sebagai warga negara yang baik untuk mendukung usaha pemerintah dengan cara mengikuti anjuran dari pemerintah. Saya berharap dan berdoa wabah ini cepat berlalu, serta mari kita sama sama mendukung program pemerintah untuk menanggulangi wabah covid 19 ini . Dan pastinya saya mengingat kan teman teman hotel untuk stay healthy di masa pandemi**(Jen)

‘PostBanner’

Comment