by

PJ Wali Kota Makassar Pembicara dalam Communivation ke-10 Makassar Digital Valley

Keterangan Foto: PJ Wali Kota Makassar

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pandemi global Covid-19 membawa berbagai macam dampak di banyak sektor. Sektor ekonomi adalah salah satu yang mendapat pukulan terberat.

Di balik itu, baik perusahaan besar maupun perusahaan rintisan atau biasa kita sebut dengan startup digital yang sebelumnya sedang baik-baik saja, tidak sedikit dari mereka harus menelan pil pahit dalam situasi ini.

‘FooterBanner’


Communivation, salah satu program Makassar Digital Valley melalui meetup bulanan berbagi dan belajar bersama inovator kembali hadir di bulan ini. Mengusung konsep yang berbeda melalui Online Session mengingat saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19,

Communivation ke-10 kali ini mengangkat topik “Peran startup Digital dan Pemerintah Lokal di Masa Pandemi Covid-19 – Geliat Bisnis Digital di Tengah Pandemi” pada tanggal 14 Mei 2020, pukul 15.30 – 17.30 WITA melalui Video Conference.

Para speaker yang berbagi dalam Online Session Communivation kali ini yakni Bapak Iqbal Suhaeb selaku Former PJ Wali Kota Makassar sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Makassar,

Ahyar Muawwal selaku Resident Mentor Indigo Makassar Digital Valley, dr. Awal Safar M selaku Founder UJICOBA.ID, Faisal Jabir selaku Founder Perawat.id, Ismail Iskandar S.H selaku Humas SatuKebaikan dan Abdul Ghofur A.Md Ds selaku Content Creator Panganku. Moderator yang memandu acara Communivation ini, Fordyta Abubakar (Android Expert)..

Former PJ Walikota Makassar sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Makassar, Bapak Iqbal Suhaeb menekankan agar kita harus bersiap menyongsong dunia yang baru dengan kebiasaan-kebiasaan baru setelah recovery Pandemi Covid-19 nantinya meski dengan proses yang panjang.

“Tidak bisa kita pungkiri, pelaku bisnis saat ini baik pegiat startup digital maupun bisnis usaha kecil menengah (UKM) mendapat imbas dari pandemi Covid-19 ini seperti karyawan yang harus di-PHK, tidak berjalannya layanan pelanggan, untuk itu dari Pemerintah Kota Makassar sebelum saya serah terima jabatan kami berfokus pada bisnis UKM dan kegiatan yang fokus pada kesehatan agar meningkatkan demand bisnis mereka yang saat ini terkena imbas dari pandemi seperti pengadaan Alat Pelindung Diri (Alat Pelindung Diri) bagi tenaga medis “, terangnya saat berbagi di hadapan para peserta Online Session Communivation hari ini (14/05).

BACA JUGA:  XL Axiata Bersama Kemenag RI Luncurkan Program 'Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh'

Lebih lanjut ditambahkan oleh Resident Mentor Indigo Makassar Digital Valley, Ahyar Muawwal bahwa pandemi Covid-19 saat ini memaksa kita untuk go digital seperti aktivitas online session yang kita selenggarakan saat ini. Sesuatu yang mungkin saja jarang kita lakukan sebelum masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu kita bisa melihat ini menjadi sebuah peluang bisnis yang kita manfaatkan.

Adapun sektor bisnis potensial yang saat ini belum tersentuh dan akan menjadi tren kedepannya seperti sektor logistik, menggantikan pekerjaan manusia di lapangan seperti alat monitoring berbasis IoT, tidak ketinggal juga sektor kesehatan, maupun pendidikan.

Abdul Ghofur yang mewakili startup Panganku juga menjelaskan bahwa selama masa pandemi Covid-19 ini, kami dari Panganku sebenarnya juga terkena dampak, namun di sisi lain situasi ini juga memberi profit bagi kami yang mana transaksi kami naik 50% dari masa sebelum pandemi.

Fasial Jabir selaku Founder Perawat.id juga berharap setelah masa pandemi Covid-19 ini masyarakat bisa teredukasi menggunakan layanan tenaga kesehatan, khususnya perawat dan bisa bersinergi dengan Pemerintah Kota Makassar.

Demikian halnya dengan Founder Ujicoba.id, dr. Awal Safar M, menyebutkan harapannya agar bisa terlaksananya kembali ujiian-ujian yang selama ini tertunda selama masa pandemi Covid-19. Saat ini kami fokus pada strategi edukasi kepada para pengguna sehingga nanti bila sudah tiba saatnya, pengguna Ujicoba.id bisa menggunakan layanan kami dengan teknologi deteksi kecurangan saat proses ujian berlangsung.

Ibu S. Ariyani selaku General Manager Makassar Digital Valley menyampaikan apresiasi kepada para pembicara yang telah berbagi pengetahuan dan juga pengalamannya hari ini meski saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19 dan juga tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadan.

Apresiasi juga disampaikan kepada bapak Iqbal Suhaeb, Former PJ Walikota Makassar sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Makassar atas dedikasinya selama masa pandemi Covid-19.

“Semoga Online Session Communivation hari ini bermanfaat bagi kita semua, kita sama-sama berharap masa-masa sulit ini segera berlalu dan kita bangkit kembali serta memberi semangat dan optimis pada diri dan orang di sekitar kita,” pungkasnya**(Jen)

‘PostBanner’

Comment