by

Soal THR, Disnaker Makassar: Perusahaan Wajib Beri Kepada Karyawan

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Ditengah pandemik Covid-19 di Kota Daeng, Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menegaskan agar perusahaan tetap berikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan.

Hal itu ia disampaikan setelah menghadiri monev di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, bersama Komisi D DPRD Kota Makassar.

‘FooterBanner’


“THR itu adalah kewajiban perusahaan kepada karyawannya atas kinerjanya selama 1 tahun, jadi tidak boleh karena alasan Covid-19 ini tidak dikasih THR”, tegas Irwan. Rabu (6/5/2020).

Lebih lanjut, Irwan beranggapan, pemenuhan THR tersebut merupakan kewajiban perusahaan, namun dengan adanya pandemi Covid-19 ini, Disnaker Kota Makassar menerapkan kebijakan dengan dapat mencicil atau dibayar 3 kali.

“Jadi wajib diberikan senilai 1 bulan gaji mereka untuk thr itu, namun terkait pandemi ini, ada sedikit kelunakan yaitu bisa dicicil atau dibayar 3 kali, tergantung dari kesepakatan karyawan dengan perusahaan tersebut”, jelas Irwan.

BACA JUGA:  Gojek Makassar dan UMKM Mitra Usaha GoFood Hadirkan Kantin Swadaya

Olehnya itu, Disnaker telah membentuk posko pengaduan THR di kantor Disnaker Makassar yang dibuka setiap hari.

“Kami buka posko di kantor Disnaker yaitu posko pengaduan THR, kita menerima aduan masyarakat yang tidak menerima THR, setiap hari kita akan buka,” ujarnya.

Bukan hanya itu, kata Irwan, Disnaker Kota Makassar akan memberikan sanksi denda maupun administrasi bagi perusaan yang tidak memberikan THR.

“Sanksi perusahaan pertama, mereka akan didenda, dalam bentuk pajaknya, kedua memberikan sanksi administrasi atau pembekuan perusahaan”, pungkas Irwan.(As)

‘PostBanner’

Comment