by

Dampak Virus Corona, PAD Sektor Hiburan dan Hotel di Kota Makassar Turun Drastis

Kepala Bidang Pajak Daerah II Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar, Husni Mubarak.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Penyebaran Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia termasuk kota Makassar berdampak pada penerimaan pajak dari sektor hotel, restoran dan hiburan yang menurun drastis.

Hal itu di diungkapkan Kepala Bidang Pajak Daerah II Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Makassar, Husni Mubarak.

‘FooterBanner’


“Pajak hiburan itu hampir 100 persen mengalami penurunan. Apalagi yang paling tinggi biasanya itu kalau hiburan itu XXI itu juga sangat drastis penurunannya,” kata Husni di gedung DPRD kota Makassar, Jl. AP. Pettarani, Rabu (29/4/2020) kemarin.

Lebih lanjut, Husni mengakui, penurunan pajak hotel dan resto mencapai Rp 8 miliar dari Maret hingga memasuki Mei 2020.

“Jauh perbandingannya. Jauh. Hampir kalau 80 persen kalau hotel sama resto penurunannya jauh sekali itu dibanding dengan hari biasa. Bisanya kami capai itu kalau hotel bisa diangka Perbulan bisa dapat Rp 11 M, sekarang ini cuman Rp 3 M . Resto juga begitu”, terangnya.

BACA JUGA:  Bersama KPK, Executive Chef MYKO Hotel Gandeng Pelaku Industri Kuliner

Akan tetapi, jika dibandingkan pendapatan sebelum dan selama pandemi covid-19, memiliki pengaruh yang sangat signifikan.

“Kami kemarin di bulan 1-3 pendapatan lumayan bagus lah. Sejak memasuki bulan 3 sampai akhir bulan ini, itu drop sekali”, ungkap Husni.

Tak hanya itu, Husni mengatakan, hingga kini capaian hanya beberapa persen yang diterima oleh Bapenda.

“Kami baru sampai 20 persen khusus hiburan. Kalau hotel itu sudah masuk 30 persen, resto juga sudah 30 persen”, tegasnya

Dengan penurunan drastis tersebut, Husni menegaskan, ini disebabkan dengan perbedaan persentase dari hari – hari sebelumnya, sebelum wabah covid-19.(As)

‘PostBanner’

Comment