by

Stok Darah PMI Kota Makassar Aman di Bulan Suci Ramadan

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar, Syamsu Rizal.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar dipastikan cukup untuk bulan suci Ramadan.

Ketua PMI Makassar, Syamsu Rizal menjelaskan, saat ini pasokan darah yang tersedia ialah sebanyak 1.405 stok kantong darah.

‘FooterBanner’


Menurut Deng Ical, sapaan karibnya, stok tersebut bisa memenuhi persediaan untuk 16 hari kedepan, jika hitungan penggunaan kantong darah per harinya yakni antara 80 hingga 125 kantong.

“Kalau 1.405 itu sebenarnya angkanya cukup untuk 12 sampai 16 hari, kan kebetulan penggunaannya itu antara 80 sampai 125. Kita yakin bahwa Ramadan ini Insha Allah aman ji”, jelas Deng Ical. Senin (27/4/2020).

Selain itu, lanjut Deng Ical, penambahan stok darah bakal terus dilakukan guna memastikan ketersediaan selalu ada selama pandemi Corona atau Covid-19 ini.

Olehnya itu, mantan Wakil Wali Kota Makassar (2014 – 2019) ini mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk menggelar donor darah.

BACA JUGA:  Pemkot Makassar Rencana Lakukan Random Rapid Test bagi Warga Tidak Bermasker di Ruang Publik

“Ada beberapa titik termasuk Gojek itu kita minta, panggil semua mitra ojek onine, yaitu relawan tanggap bencana ojol Sulsel. Jadi semuanya, beberapa organisasi kita, Pemuda Pancasila sudah datang, relawan tanggap bencana juga”, ungkap Deng Ical

Tak hanya itu, dirinya juga meminta dukungan dan bantuan oleh semua pihak, dalam rangka ikut menyumbangkan darahnya bagi mereka yang membutuhkan termasuk bagi pasien Corona. Saat ini, kata dia, hanya tersisa 600 dari 4000 pendonor yang terdata bakal melakukan donor darah.

“Kira-kira tersisa ini 600 orang yang ikut donor dari kurang lebih 4000. Banyak yang pulang kampung sih, sudah mendonor tapi banyak pulang kampung, makanya butuh support dari semua teman”, tutup Deng Ical.(*As)

‘PostBanner’

Comment