by

Tercatat 99 Kru KM Lambelu Positif Covid-19, Begini Penanganannya

Tim Medis Penanganan Covid-19, saat evakuasi kru KM Lambelu.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Setelah dinyatakan positif Covid-19, 24 orang Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Lambelu dan mitra PT Pelni akhirnya dibawa ke Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi untuk penanganan lebih lanjut.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas, Angkutan Laut, Operasi, dan Usaha Kepelabuhanan OP Pelabuhan Makassar, Sirajuddin menjelaskan jika 24 orang ABK KM Lambelu tersebut memiliki riwayat penyakit lain.

‘FooterBanner’


“Status ke 24 orang tersebut adalah Terkonfirmasi dan mempunyai riwayat penyakit lain (Asma, Jantung dll)”, jelas Sirajuddin. Senin (20/4/2020).

Lebih lanjut, Sirajuddin mengungkapkan, evakuasi ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan, penanganan dan pemantauan ke 24 orang tersebut di rumah sakit.

BACA JUGA:  Sekretaris NasDem Sulsel: Kita Akan Menangkan DP-Fatma

Dalam evakuasi itu dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Olehnya itu, Sirajuddin menegaskan, KM Lambelu tetap berada pada Zona Karantina (2 NM) di luar pelabuhan Makassar.

Diketahui sebelumnya, dari tes swab pertama, sebanyak 26 orang dinyatakan positif Covid-19, sementara, dalam tes kedua kepada 109 kru, terdapat 66 orang dinyatakan positif virus tersebut.

“Jadi, saat ini, tercatat sebanyak 99 kru KM Lambelu positif Covid-19”, ungkap Kadis Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari, Jum’at (17/4/2020).(As)

‘PostBanner’

Comment