by

Soal PSBB, Bupati Gowa: Proposal Sudah Selesai, Tinggal Diajukan ke Gubernur untuk Dikaji

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan (ist)

Smartcitymakassar.com – Gowa. Pemerintah Kabupaten Gowa, Sulsel telah menyiapkan proposal untuk diajukan ke Kementerian Kesehatan terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, penyebaran COVID-19 di wilayah Kabupaten Gowa meningkat cukup signifikan.

“Angkanya semakin tinggi dan itu pula yang menjadi landasan kita mengajukan pembatasan sosial skala besar ini. Daerah lainnya di Indonesia juga sudah terapkan termasuk kota Makassar,” kata Adnan, di Gowa, Sabtu (18/4/2020).

‘FooterBanner’


“Di Gowa 23 orang positif, 285 ODP dan 124 PDP,” tambahnya.

Selanjutnya, dengan melihat perkembangan khususnya di tiga kecamatan yang merupakan episentrum penyebaran yakni Kecamatan Somba Opu, Kecamatan Pallangga dan Kecamatan Barombong, Pemerintah Kabupaten Gowa menyiapkan proposal penerapan PSBB. Adnan pun mengaku telah menyiapkan proposal rencana penerapan PSBB untuk diajukan ke Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah untuk dikaji.

BACA JUGA:  Agar Tubuh Sehat Jiwa Kuat, Danny Olahraga Pagi dan Fatma Gowes

“Proposalnya sudah selesai, tinggal kita ajukan ke Gubernur untuk dikaji, bagaimana mekanismenya ke depan,” jelas Adnan.

Termasuk melihat kondisi kesiapsiagaan Pemkab Gowa terkait keamanan, kesiapan alat kesehatan, dan pengamanan jaringan sosial.

“Kami sangat butuh bantuan Pemprov Sulsel untuk segera mengkaji proposal kami untuk diusulkan ke Menkes. Dengan pertimbangan melihat kondisi saat ini, sehingga untuk memutus dengan cepat mata rantai penyebaran Covid-19 maka harus dilakukan PSBB,” kata Adnan.

Untuk memaksimalkan penerapan PSBB di wilayah Kabupaten Gowa, terlebih dulu dilakukan sosialisasi yang masif kepada masyarakat. Apa-apa yang berlaku dan tidak berlaku jika menerapkan PSBB di suatu wilayah, termasuk sanksi dan penindakan yang akan diberikan bagi masyarakat yang melanggar. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment