by

Tak Hanya Stafsus Surati Camat, Kali Ini Stafsus Lainnya Juga Disoroti

Belva Devara.(ist)

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Selain Staf Khusus (Stafsus) milenial Presiden Joko Widodo, Andi Taufan Garuda Putra, yang ramai disoroti karena surati camat, sosial media juga heboh dengan stafsus milenial Jokowi lainnya.

Adapun yang disoroti kali ini adalah Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara.

‘FooterBanner’


Salah satu petinggi Demokrat dalam akun twitter nya @RachlanNashidik mempertanyakan hubungan Stafsus dan ruang guru.

“Pak @jokowi apakah benar ‘Safsus milenial’ Presiden, Belva Devara adalah pemilik dan CEO ruang guru? Aplikator mitra resmi pemerintah dalam pelatihan online bagi peserta kartu prakerja dengan total anggaran dari negara sebesar 5,6 Trilliun,”tanya Rachlan, Selasa (14/4/2020).

https://twitter.com/RachlanNashidik/status/1249978472723709957?s=19

Berdasarkan rilis kementerian koordinator Bidang perekonomian Republik Indonesia, melalui SIARAN PERS No. HM.4.6/40/SET.M.EKON.2.3/04/2020 pada 01 April 2020 menjelaskan, Pemerintah mempercepat Implementasi Kartu Prakerja dalam rangka melindungi para pencari kerja dan pekerja formal atau informal yang terkena dampak langsung dari berkurangnya aktivitas ekonomi nasional saat pandemi Covid-19 saat ini.

Pelaksanaan dan penyesuaian fokus dari Program Kartu Prakerja tersebut akan dipercepat sebagai salah satu langkah implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 4 Tahun 2020 tentang Re-focusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa untuk Percepatan Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Selain itu, tujuannya juga untuk memberi perlindungan sosial dan menanggulangi dampak negatif dari wabah Covid-19 terhadap perekonomian nasional.

“Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 triliun untuk hal ini. Kami berharap program ini dapat membantu daya beli para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang mengalami penurunan pendapatan dan/atau kehilangan mata pencaharian,” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

BACA JUGA:  Breaking News: Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Paslon Wali Kota Makassar 2020

Adapun Program Kartu Prakerja akan menyasar sekitar 5,6 juta peserta di 2020, dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif yang diterima oleh masing-masing peserta sebesar Rp3.550.000.

Apabila dirinci, manfaat Program Kartu Prakerja di 2020 yakni sebesar Rp3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif paska pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan (untuk 4 bulan), serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50 ribu per survei untuk 3 kali survei atau total Rp150 ribu per peserta.

Setiap peserta program hanya dapat mengikuti program sebanyak 1 (satu) kali. Insentif tersebut akan dibayarkan setelah peserta menyelesaikan minimal satu (1) kali pelatihan.

https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/206/pemerintah-percepat-implementasi-kartu-prakerja

Sebagai informasi, berdasarkan penulusuran situs prakerja.go.id/tentang-kami dan skillacademy.com/prakerja, terlihat logo skillacademy ada pada situs prakerja.

Sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) milenial Presiden Joko Widodo, Andi Taufan Garuda Putra, diketahui mengirim surat kepada semua camat di Indonesia dengan menggunakan kop resmi Sekretariat Kabinet RI. Dalam surat tersebut, Andi memperkenalkan dirinya kepada semua camat di Indonesia selaku Staf Khusus Presiden. Ada dua hal yang menjadi fokus Andi untuk diperhatikan para camat.

Pertama, Amartha akan melakukan edukasi seputar Covid-19. Petugas lapangan Amartha disebut akan berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat desa soal tahapan penyakit Covid-19 beserta cara-cara penanggulangannya. Kedua, Amartha juga akan mendata kebutuhan APD di puskesmas atau layanan kesehatan lainnya di desa agar pelaksanaannya berjalan lancar. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment