by

PSBK Akan Diterapkan di Makassar, Apa Itu PSBK?

Pekerja informal kota Makassar (ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pemerintah Kota Makassar menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Kecil (PSBK). Pemkot Makassar akan melakukan isolasi beberapa perumahan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

Adapun pasien PDP tingkat I akan ditempatkan di shelter khusus untuk mencegah penyebaran.

‘FooterBanner’


“Daerah yang tingkat penyebaran sangat besar antara lain di Kecamatan Ujung Pandang, Tamalate, dan Rappocini, termasuk Panakkukang. Wilayah ini akan diterapkan secara ketat PSBK,” kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb saat melakukan video conference dengan wartawan, Sabtu (11/4/2020).

“Beberapa pemukiman sudah kami minta dilakukan isolasi dan tidak melakukan lagi kontak fisik dan penerimaan tamu di luar warga yang bermukim,” sambungnya.

Namun, pemberlakuan PSBK ini tidak didukung oleh regulasi yang ada. Dalam Undang-undang nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan, tidak ada disebutkan soal PSBK. Yang ada hanyalah PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar seperti yang dilakukan DKI Jakarta saat ini.

BACA JUGA:  Pemkot Makassar Siapkan Lahan Parkir Pegawai Balaikota

Soal PSBB ini tercantum dalam ketentuan umum pada BAB 1 ayat 11, yang bunyinya Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi.

Soal ketentuan Pembatasan Sosial Berskala Besar diatur dalam Pasal 59; (1) Pembatasan Sosial Berskala Besar merupakan bagian dari respons Kedaruratan Kesehatan Masyarakat. (2) Pembatasan Sosial Berskala Besar bertujuan mencegah meluasnya penyebaran penyakit Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang sedang terjadi antar orang di suatu wilayah tertentu, (3) Pembatasan

(1) Pejabat Karantina Kesehatan wajib memberikan penjelasan kepada orang yang berkunjung, orang

Sementara, tidak ada nomenklatur soal PSBK, baik pengertian, syarat dan ketentuan serta kewajiban pemerintah jika memberlakukan PSBK. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment