by

Berapa Lama Lagi Vaksin Corona Dikembangkan, Ini Kata Bill Gates

Bill Gates (int)

Smartcitymakassar.com – Bill Gates, salah satu pihak yang terus mengembangkan vaksin virus corona, dengan mendanai berbagai perusahaan untuk menemukan obat COVID-19.

Pendiri Microsoft pun membeberkan seperti apa kira-kira vaksin itu nantinya. Dalam wawancara baru-baru ini, Gates memprediksi perawatan terapi untuk penderita corona akan mulai tersedia dalam 6 bulan. Akan tetapi dibutuhkan waktu sedikitnya 18 bulan untuk mengembangkan vaksin aman dan efektif mencegah COVID-19.

‘FooterBanner’


“Ada pendekatan bernama vaksin RNA di mana pihak seperti Moderna, CureVac dan lainnya menggunakannya, yang pada tahun 2015 kami identifikasi sangat menjanjikan untuk pandemi ataupun aplikasi lainnya,” katanya.

Adapun Moderna ataupun CureVac adalah nama perusahaan vaksin. Menyuntikkan ‘messenger RNA’ ke dalam jaringan manusia akan membuatnya tumbuh di dalam tubuh, sehingga akan memicu respons imun tanpa harus sepenuhnya menginfeksi seseorang dengan virus.

BACA JUGA:  Gerakan Solidaritas Alumni SMK Negeri 5 Bone Berbagi dalam Lawan COVID-19

“Dan jika semuanya berjalan secara sempurna dengan pendekatan RNA, kita bisa mengalahkan waktu 18 bulan itu,” jelas Gates.

Namun, tetap ada kemungkinan vaksin Corona sudah ada sebelum kurun waktu 1,5 tahun itu. Gates pun memperingatkan bahwa vaksin bukanlah solusi sempurna, tetap ada kelemahannya. Hal itu berlaku terutama bagi pasien yang berusia tua.

“Kami tidak ingin menciptakan harapan yang tidak realistis. Kemanjuran vaksin bagi orang lebih tua selalu merupakan tantangan besar,” jelasnya. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment