by

Dirjen WHO Sebut Politisasi Krisis Bisa Sebabkan Lebih Banyak Korban

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (int)

Smartcitymakassar.com – Jenewa. Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, Rabu (8/4), memperingatkan negara-negara bahwa mempolitisasi krisis global virus corona bisa menyebabkan lebih banyak kematian.

Ia menyatakan demikian setelah Presiden Amerika Donald Trump mengkritik WHO dan mengancam akan memotong dana untuk organisasi kesehatan internasional itu.

‘FooterBanner’


Menanggapi kritik itu, dalam konferensi pers di Jenewa, Tedros mendesak negara-negara agar menghindari politisasi pandemi “jika tidak ingin memiliki lebih banyak kematian.”

“Kini saatnya bersatu, bagi komunitas internasional untuk bekerja bersama dalam solidaritas guna menghentikan penyebaran virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan,” tambah Tedros seperti dikutip dari Voa.

BACA JUGA:  Asli ‘Sombere’, Fatmawati Sapa Warga dari Lorong ke Lorong

Trump, yang banyak dikritik karena tidak bereaksi lebih cepat dan agresif untuk mencegah penyebaran virus itu di Amerika, Selasa (7/4), mencuit bahwa “WHO benar-benar gagal” dan menuduh organisasi itu “sangat China sentris.” Ia juga mengatakan akan mempertimbangkan memangkas jutaan dolar bantuan Amerika bagi WHO.

Statistik Johns Hopkins University menunjukkan hingga Rabu (8/4), tercatat lebih dari 13.000 di Amerika. Dengan demikian, AS berada di urutan ketiga setelah Italia dan Spanyol. (Aan/Voa)

‘PostBanner’

Comment