by

(VIDEO) Bisa Tes Hingga 10 Ribu Orang Perhari, Alat Tes Corona dari Swiss Segera Dikirim ke Daerah Termasuk Sulawesi

Ilustrasi penanganan pasien covid19 (voa)

Smartcitymakassar. Jakarta. Kementerian BUMN telah mendatangkan alat PCR dari salah satu laboratorium yang ada di Swiss. Alat ini dapat dengan cepat menentukan hasil seseorang positif terkena virus corona atau tidak.

Anggota Gugas Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga staf khusus menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan alat tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) yang didatangkan dari Swiss telah tiba.

‘FooterBanner’


Arya mengklaim alat baru tersebut mampu melakukan tes hingga spesimen 10 ribu per hari.

“Sudah datang dua buah automatic RNA dan 18 buah detektor PCR, kalau sudah terinstal semua, satu harinya bisa tes mencapai 9 ribu hingga 10ribu,” ujar Arya di Gedung BNPB, Rabu (8/4/2020).

Dengan demikian, kata Arya, dalam satu bulan pemerintah mampu melakukan tes hingga 300 ribu spesimen. Ia berharap dengan tambahan alat baru ini, status pasien bisa keluar lebih cepat.

BACA JUGA:  Wagub Sulsel Dukung Langkah Pemkot Makassar Terbitkan Perwali Nomor 36/2020

Lebih lanjut Arya mengatakan, pihaknya segera mendistribusikan alat tersebut ke beberapa provinsi di Indonesia. Terutama di provinsi dengan angka kasus tertinggi seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Di daerah akan kita kirim secepatnya, Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, Lampung dan Papua,” kata Arya.

Sebagai informasi, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga mendapat bantuan dari Korea Selatan. Bantuan diserahkan langsung Dubes Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Cang-Beom.

Bantuan yang diberikan antara lain alat tes berupa PCR Kit. Dubes Korsel menyatakan bantuan ini diberikan karena kedekatan kedua Negara sebagai mitra yang strategis. (Aan/Ip)

Berikut videonya:

‘PostBanner’

Comment