by

Soal Keringanan Pembayaran Kredit, Ini Penjelasan Resmi Terbaru OJK

Otoritas Jasa Keuangan (ist)

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik, mendukung dan menindaklanjuti penerbitan Perpu 1 Tahun 2020 dalam rangka menghadapi risiko penurunan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan. Perpu 1 Tahun 2020 merupakan landasan hukum bagi Pemerintah, OJK, BI dan LPS untuk memberikan kewenangan yang selama ini belum tercakup dalam ketentuan perundang-undangan yang ada.

Perpu ini juga sejalan dengan program restrukturisasi kredit/leasing yang telah disampaikan dalam stimulus kebijakan OJK sebelumnya dengan tetap memperhatikan kondisi lembaga jasa keuangan. Dalam kerangka itu, OJK berupaya tetap memberikan ruang terhadap sektor riil dan melakukan langkah-langkah pengawasan yang relatif lebih cepat untuk menghindari terjadinya permasalahan yang lebih dalam. Industri jasa keuangan diminta tetap mengedepankan penerapan tata kelola yang baik (governance).

‘FooterBanner’


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan sejumlah bank umum, bank syariah dan perusahaan pembiayaan atau leasing, telah memberikan kesempatan kepada debiturnya untuk melakukan restrukturisasi kreditnya. Hal ini merupakan bagian dari kebijakan OJK kepada industri perbankan agar tetap tumbuh di tengah merebaknya virus corona (COVID-19) di Indonesia.

“Berikut beberapa pengumuman resmi dari bank atau perusahaan pembiayaan. Jangan percaya info atau pengumuman hoax yang beredar. Hubungi call center bank perusahaan pembiayaan anda untuk keterangan lebih lanjut,” kata Sekar Putih Djarot, Juru Bicara OJK dalam publikasi yang sampaikan dalam situs resmi regulator industri keuangan tersebut.

BACA JUGA:  “Butik and Konfeksi Revina” Kembali Bagikan Hadiah Reseller-nya, Yulia: Ini Ucapan Terima Kasih Kami

Adapun Daftar Bank Umum/Bank Umum Syariah/BPD/BPR/ Perusahaan Pembiayaan yang Memberikan Restrukturisasi kepada Nasabahnya yang Terkena Dampak Covid-19, adalah sebagai berikut:

Bank Umum, bisa dilihat di: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%20Bank%20Umum%20%28Full%29%281%29.pdf

Bank Umum Syariah, bisa dilihat di:

https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%202020%20-%20Bank%20Umum%20Syariah.pdf

BPD, bisa dilihat di: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%202020%20-%20BPD.pdf

BPR, bisa dilihat di: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%202020%20-%20BPR%20%282%29.pdf

Perusahaan pembiayaan atau leasing, bisa dilihat di: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Documents/Pages/Pengumuman-Restrukturisasi-atau-Keringanan-bagi-Debitur-Perbankan-dan-Perusahaan-Pembiayaan-yang-Terkena-Dampak-Covid-19/OJK%20Update%2031%20Maret%20Perusahaan%20Pembiayaan-.pdf

Sementara itu menurut OJK, masyarakat harus memahami beberapa poin sebelum mengajukan restrukturisasi/ keringanan kredit/pembiayaan. Adapun poin poin tersebut adalah:

1. Keringanan kredit hanya diberikan kepada debitur pekerja informal, berpenghasilan harian dan usahanya terdampak virus Corona dan mengalami kesulitan pembayaran cicilan.

2. Untuk debitur yang tidak terdampak dan memiliki kemampuan bayar, agar tetap membayar kredit sesuai waktunya.

3. Bank/perusahaan pembina akan memberikan keringanan setelah melakukan asesmen atas kondisi debitur yang terdampak.

4. Seluruh Bank/perusahaan pembiayaan dapat memberikan keringan pembayaran kredit/pembiayaan. Segera kontak saluran resmi Bank/ perusahaan pembiayaan anda.

Sumber:

https://twitter.com/ojkindonesia/status/1246296670880460801?s=19

(Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment