by

Pemprov Sulsel Sebut Kasus Corona Kemungkinan Masih Naik di Sulsel

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari (ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) memprediksi kasus terkait virus corona atau COVID-19 di Sulsel masih akan mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Ichsan Mustari.

‘FooterBanner’


“Ini tergantung kepadatan penduduk, dengan 7 juta penduduk Sulsel pastinya kontak lebih banyak. Jadi kemungkinan masih naik. Itu karena sosial distancing masih belum ada, budaya yang melibatkan banyak orang masih dijalankan,” ujarnya di Makassar, Jumat (3/4/2020).

Berdasarkan data yang ada per tanggal 3 April 2020 pada pukul 20.00, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 merilis orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.725 orang, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) 172 orang dan positif COVID-19 sebanyak 80 orang, enam di antaranya meninggal dunia.

BACA JUGA:  Gerakan Solidaritas Alumni SMK Negeri 5 Bone Berbagi dalam Lawan COVID-19

Lebih lanjut Ichsan menyampaikan, terdapat satu asumsi dari meningkatnya angka kasus di Sulsel dibanding provinsi lainnya di Indonesia timur. Kasus yang tinggi ini menjadi acuan Pemprov Sulsel telah mengetahui cluster dari COVID-19 yang terdeteksi di kabupaten/kota. Selain itu, angka kasus ini sekaligus memperlihatkan kinerja Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sulsel untuk melakukan pelacakan terhadap orang-orang yang telah kontak dengan pasien positif corona.

“Ini menjadi tanda, migrasi manusia dibatasi karena jumlahnya ini sekarang sudah banyak mengarah ke transmisi lokal,” kata Ichsan sambil kembali menekankan physical distancing untuk tidak diabaikan. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment