by

Kabar Baik! Obat Klorokuin Sudah Tersedia di Rumah Sakit Rujukan di Makassar

Simulasi penanganan pasien corona (voa)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Ada kabar baik buat warga di Kota Makassar, Sulsel. Penjabat Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, mengumumkan obat berjenis antimalaria bernama Chloroquine atau Klorokuin untuk obat Corona sudah tersedia di Makassar.

Obat ini sudah berada di rumah sakit-rumah sakit rujukan di kota Makassar.

‘FooterBanner’


Meski diketahui, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebut Virus Corona belum punya obat maupun vaksin resmi, namun sejumlah peneliti dan ilmuan menyebut Chloroquine efektif mencegah peradangan akibat Virus Corona.

Di Makassar, Chloroquine atau Klorokuin bakal diberikan untuk pasien positif Corona, dan penggunaan obat ini disebut telah sesuai standar.

“Saya pikir itu sudah terstandar, dan itu sudah bisa dipakai. Bahkan Pak Presiden juga sudah setujui,” kata Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, saat konferensi pers vai teleconference Kamis (26/3/2020).

BACA JUGA:  Bank Sulselbar Serahkan Bantuan APD Ke Disdik Makassar

Menurut Iqbal, uji coba di Jepang telah membuktikan bahwa pasien Covid-19 dapat disembuhkan melalui Chloroquine. Sehingga pemerintah pusat pun turut memesan obat tersebut.

“Apalagi itukan sudah efektif di Jepang sebagai salah satu obatnya untuk Corona,” kata Iqbal.

Apabila nantinya dibutuhkan oleh pasien, obat ini sudah tersedia di Rumah Sakit (RS) Rujukan di Makassar.

Sebagai catatan, pemakaian obat ini berdasarkan hasil diagnosa para dokter yang menangani pasien atau harus ada resep dokter.

“Tentu saja harus ada resep dari dokter,” kata Iqbal. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment