by

AHY Terpilih Jadi Ketum Demokrat, Ni’matullah: Semoga Porsi Kewenangan Daerah Lebih Baik

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat, Ni’matullah (int)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), terpilih sebagai ketua umum (ketum) Partai Demokrat secara aklamasi. Adapun keputusan diambil setelah sidang paripurna melakukan verifikasi dan menyatakan AHY memenuhi persyaratan menjadi ketua umum dalam Kongres V Partai Demokrat 2020 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (14/3/2020).

“Betul, terpilih secara aklamasi,” ujar Kadiv Hukum dan Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahean saat dihubungi wartawan, Minggu (15/3/2020).

‘FooterBanner’


Sebelumnya, saat melampirkan formulir pendaftaran calon ketua umum, AHY telah mendapat dukungan 93 persen suara dari DPD maupun DPC. Dukungan mayoritas itu secara otomatis memuluskan putra sulung SBY ini menjadi calon ketua umum yang sebelumnya diemban SBY.

Sebagai informasi, AHY menjadi orang kelima yang menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrat. Empat ketum Partai Demokrat sebelumnya adalah Subur Budhisantoso (2001-2005), Hadi Utomo (2005 – 2010), Anas Urbaningrum (2010 – 2013), dan Susilo Bambang Yudhoyono (2013 – 2020).

Menanggapinya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat, Ni’matullah membernarkan terpilihnya AHY menjadi Ketua Umum Demokrat.

BACA JUGA:  Respon Ancaman AS, Menlu Zarif: Iran Berhak “Membela Diri"

“Karena tidak ada calon lain yang mendaftar dan Mas AHY memenuhi syarat maka ditetapkan aklamasi sebagai ketua umum DPP Partai Demokrat,” ujar Ni’matullah yang dikonfirmasi wartawan, Minggu (15/3/2020) siang.

“Kita berharap Ketum yang baru lebih dekat pada kader di daerah dan memberi porsi kewenangan sedikit lebih baik pada daerah,” sambungnya.

Adapun kewenangan daerah yang dimaksud Ni’matullah terkait pilkada, pimpinan DPR, susunan caleg, dan banyak hal.

“Supaya partai Demokrat lebih kompetibel dengan sistem pemerintahan yang memberi otonomi pada daerah,” katanya.

“Karena bagi kami di daerah, kekuatan partai ini sekarang sebenarnya ada di daerah, suara ada di daerah. Dan saya yakin itu tidak sulit buat AHY, dia punya mobilitas yang tinggi, kepedulian yang baik dan terutama dia punya kecerdasan yang cukup untuk bisa merespon semua masalah yang mungkin ada,” pungkas Ni’matullah. (Aan/Ip)

Advertisements
‘PostBanner’

Comment