by

Ngobrol Politik Formaksi, Begini Pesan Dekan Fakultas Psikologi UNM

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Nwgeri Makassar (UNM), Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi.,M.Si.(As)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formaksi) Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar diskusi publik dengan tema “Pilkada Serentak 2020” di Hotel Gran Asia, jln. Boulevard. Rabu (12/2/2020).

Dekan Fakultas Psikologi UNM, Prof. Dr. Muhammad Jufri, S.Psi., M.Si menjelaskan, ada 2 aspek seseorang untuk menjatuhkan pilihannya, yakni pertimbangan rasional dengan relasional.

‘FooterBanner’


“2 aspek ini menentukan seseorang untuk menjatuhkan pilihannya, dimana pertimbangan rasional itu adalah seseorang akan memilih dengan pertimbangam yang logis, contohnya apakah orang yang akan saya pilih itu akan memberi dorongan untuk kebutuhan saya, dan akan memiliki kinerja yang baik dalam pemerintahan,” jelas Dekan Psikologi UNM itu.

BACA JUGA:  ASN Terlibat Politik Praktis, Ari Ashari: Tegas Sedikit Dong Pak Pj

Dan untuk pertimbangan relasional, kata Prof Jufri, begitu sapaannya, ini merupakan pertimbangan dari faktor pribadi atau kedekatan.

“Misalnya, karena dia keluarga, karena dia tetangga dan lainnya, pertimbangan ini tidak berpengaruh dengan kompeten atau tidak, ini pilihan yang bersifat personal,” terang Prof Jufri.

“Tapi saran saya, jadilah pemilih yang baik sebagai warga negara, sesuai regulasi yang ada, kalaupun tidak sesuai dengan yang kita inginkan, jadikan sebagai pembelajaran untuk pemilihan selanjutnya,” pungkas Prof Jufri kepada awak media.(As)

‘PostBanner’

Comment