by

Inilah Badan Usaha yang Belum Terdaftar di BPJS Kesehatan

Rapat Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat di Ruang Paripunra DPRD Kota Makassar.(ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat DPRD Kota Makassar, memberikan tenggat waktu dua minggu kepada 29 Badan Usaha yang ada di Makassar agar segera mendaftarkan para pegawainya di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ini diutarakan oleh Ketua Komisi D Kota Makassar, Abdul Wahab Tahir dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP), di Ruang Paripurna DPRD Kota Makassar, Jalan AP. Pettarani, senin (20/1/2020) kemarin.

‘FooterBanner’


Ia menilai, para pegawai wajib mendapatkan jaminan kesehatan berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

“Dikasih waktu dua Minggu melakukan konfirmasi ke BPJS kota Makassar karena ini perintah Undang Undang Nda ada lagi debat,” jelas Wahab.

Lebih lanjut, Wahab juga mengatakan seluruh badan usaha wajib melaporkan ke BPJS perihal kewajiban yang harus di penuhi berdasarkan perintah Undang Undang, karena perintah undang undang mempunyai implikasi hukum yang kuat.

Ada 29 badan usaha, diharapkan 29 itu segera melaporkan ke BPJS hal apa yang belum dipenuhi kewajibannya. Ini perintah UU kalau perintah UU punya implikasi hukum.

Disisilain, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Greisthy Esthy Liana Borotoding, mengatakan pihaknya siap menjalankan menjalankan amanah Perpresnya No.82 pasal 13 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Selain itu, batas waktu yang diberikan oleh dewan dinilai sudah cukup, sehingga pihaknya dapat melakukan penindakan secara persuasif.

BACA JUGA:  Kadinkes Sulsel Positif Terpapar Virus Corona

“Berangkat dari sini kami akan menindak lanjuti para badan usaha secara persuasif yang walaupun memang sebelumnya kami lakukan kunjungan bahkan sudah sampai lebih dari 5 kali,” ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa alasan yang beragam mengapa para Badan Usaha belum mendaftarkan pegawainya, salah satunya persoalan gaji.

“alasannya beragam, pertama gaji tentunya, Jangankan mereka mau membayar iuran JKN, gaji saja itu dijelaskan masih kurang, tapi mereka juga mendaftarkan BPJS ketenagakerjaan harusnya kalau mereka memberikan jaminan lewat bpjs ketenagakerjaan, maka harus memberikan jaminan lewat bpjs kesehatan,” tegasnya. (As)

Untuk diketahui, berikut 29 Badan Usaha yang belum mendaftarkan BPJS Kesehatan

1. YAPIKA MAKASSAR

2. YAYASAN PENDIDIKAN RAMA/SD TERPADU RAMA

3. ROTI WIN (PABRIK)

4 SOP KONRO KAREBOSI

5 CATERING SERUNI/ CV SERUNI

6 SMK YAPMI

7 PONDOK MERANTI

8 CV PUNGGAWA

9 PT CIWIDYS JAYA SAKTI

10 CLASSIC INTERIOR

11 RM RICH TASTE

12 MISS HEO

13 WOODY DO

14 ONKEL JOHN’S COFFEE

15 PLATE O

16 STIE WIRA BHAKTI

17 SKY KARAOKE

18 PT AFFOR NEO JAYA

19 MARTINIZING

20 CATERING KARTIKA

21 CV DAENG KULINER MAKASSAR

22 CV ANGKASA NIKMAT

23 SAMBEL COBEK

24 Candy Bakery

25 INAHO DAYA LESTARI PT

26 ROTI DAENG (Hj RAHMI)

27 ANZO GROUP

28 TOBIKO

29 ARTHA MAKMUR PERMAI

Advertisements
‘PostBanner’

Comment