by

Aduan Warga Soal Peternakan Babi, Pj Walikota Makassar: Dieksekusi Pekan Depan

Iqbal Suhaeb (ist)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menegaskan peternakan babi yang berada di wilayah Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, akan segera dibersihkan. Menurutnya, peternakan ini telah melanggar Perwali nomor 524 tahun 2010, tentang larangan melakukan kegiatan ternak di dalam kota Makassar.

“Sudah ada larangan, malah sudah diarahkan di daerah rural (pedesan). Tapi tidak juga patuh,” kata Iqbal.

‘FooterBanner’


Dari catatan pemerintah, peternakan babi ini sudah lebih 10 tahun melakukan aktivitas di Panaikang. Meski selalu membuat pernyataan, tapi diiingkari terus, sehingga tindakan tegas harus dilaksanakan.

Iqbal menambahkan, Satpol PP, aparat Kecamatan Panakkukang, dan Dinas Lingkungan Hidup akan mengeksekusi peternakan ini pekan depan.

Sementara itu, Camat Panakkukang, M Thahir Rasyid mengatakan siap melaksanakan perintah Pj Wali Kota Makasar terkait penertiban peternakan babi di wilayahnya.

“Insya Allah kami siap bentuk tim terpadu, dan lintas OPD untuk segera mengeksekusi Babi ini,” kata Thahir.

Sebagai informasi, pada September 2019 lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar mengeluarkan rekomendasi terkait pelarangan peternakan babi yang masih aktif di pemukiman penduduk jalan Haji Kalla, Kelurahan Panaikang, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Rekomendasi ini dikeluarkan atas tindaklanjut dari tim monev terkait pengaduan masyarakat. Kami terus berupaya melakukan hal yang terbaik atas sengketa lingkungan hidup,” sebut Ketua Tim Monev Sengketa Lingkungan Hidup DLH Makassar, Veronica Tinungki, Selasa (3/9/2019).

BACA JUGA:  Soal Alat Rapid Test Corona, Pj Walikota Makassar: Alhamdulilah Sudah Tiba

Selain itu, sesuai hasil monitoring, dan evaluasi tim penyelesaian sengketa lingkungan hidup Kantor DLH Makassar Nomor : 660.2./1130/DLH/II/2019. Melalui surat keterangan pertanggal Senin 8 Juli 2019 menyebutkan, bahwa usaha atau kegiatan peternakan babi di jalan Haji Kalla, Kelurahan Panaikang telah melanggar Keputusan Wali Kota Makassar Nomor : 524/790/Kep/XI/2010 tentang Penetapan Wilayah Bebas Ternak Dalam Kota Makassar.

“Adanya peternakan babi itu jelas sudah melanggar aturan dan ketentuan yang berlaku. Jadi wilayah Kelurahan Panaikang ini harus steril dari aktivitas peternakan babi,” tegasnya.

Sebelumnya, aktivitas peternakan Babi yang berada di pemukiman padat penduduk RT 01 dan RT 10, RW 03 Kelurahan Panaikang, Kecamatan Panakkukang pernah mendapat protes dari warga sekitar akibat pencemaran udara, bau kotoran babi berasal dari kandangnya.

Bahkan pihak Kecamatan, Kelurahan, Satpol PP dan anggota DPRD Kota Makassar telah melakukan kunjungan untuk menyelesaikan masalah itu. Namun, proses mediasinya putus ditengah jalan, hasilnya peternakan babi itu masih beraktivitas hingga kini. (Ar/Ip)

Advertisements
‘PostBanner’

Comment