by

KPU Kota Makassar Janji Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari (tengah).(As)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Mengantisipasi maraknya lembaga survei yang tidak independen menjelang Pemilihan Wali Kota Makassar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membuka pendaftran dari tanggal 1 Nopember 2019 hingga 23 Agustus 2020 mendatang.

Hal itu diutarakan oleh Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari saat menghadiri diskusi publik yang digelar Koran Makassar (Koma) di Cafe Ombak, minggu (19/1/2020).

‘FooterBanner’


“Jadi kita sudah buka, dari 1 November tahun kemarin sampai 23 Agustus 2020 nanti, ini memang aturannya dan aman untuk kami, sesuai Undang-undang no. 10 tahun 2016 dan PKPU 8 juga membahas itu,” terang Endang.

Selain itu, dirinya juga membeberkan, sejak dibukanya pendaftaran ini, hingga saat ini belum ada lmbaga survei yang mendaftarakan dirinya ke KPU Kota Makassar.

BACA JUGA:  Sulit Terbendung, Rakyat Mendukung Deklarasi Akbar Danny 22 Februari

“Belum ada, padahal syaratnya tidak ribet, hanya menyetorkan berkas berbadan hukum, jelas dananya, terverefikasi dan lainnya, apalagi, inikan tidak dipungut biaya,” terangnya.

Disinggul soal strategi untuk meningkatkan jumlah pemilih di Pilwali Kota Makassar yang kiang menurun, Endang mengatakan akan mematangkan strategi yang sama saat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) kemarin.

“Kami akan mempertahanakan dan lebih mematangkan lagi strategi kemarin ya, karena kemarin jumlah pemilih saat pilpres meningkat, walaupun tidak capai target nasiaonal,” tegasnya.

Untuk diketahui, Pilwali 2013 yang memiliki tingkat partisipasi pemilih hanya 59% turun pada Pilwali 2018 menjadi 58%.(As)

‘PostBanner’

Comment