by

Sinyal Ada Usungan Partai, Arsyad Susul Indah dan Thahar Jadi Balon Bupati Lutra

Arsyad Kasmar (ist)

Smartcityamakassar.com – Masamba. Pengurus Partai Gerindra Luwu Utara  (Lutra) mengungkapkan arah usungannya di Pilkada Lutra 2020. Menurut Sekretaris DPC Partai Gerindra Luwu Utara, Adam Mohpul, Gerindra Lutra harga mati akan mengusung kader sendiri yaitu Ketua DPC Partai Gerindra Lutra, Arsyad Kasmar.

“Gerindra hanya mengusung kader tulen dan itu sudah harga mati, yakni Bapak Haji Arsyad Kasmar sebagai calon bupati,” kata Adam, Jumat (17/1/2020).

‘FooterBanner’


Diketahui, Arsyad sendiri juga telah menegaskan kesiapannya kembali bertarung di pentas Pilkada Lutra. Bahkan dalam waktu dekat akan menetapkan bakal calon wakil bupati yang jadi pendampingnya.

“Nanti akan ketahuan juga, tergantung hasil survei minggu ini. Insya Allah awal bulan Februari kita sudah menentukan pasangan,” kata Arsyad.

Sementara itu, terkait partai koalisi, Arsyad juga membuka komunikasi dengan beberapa partai. Ia juga telah mengikuti pendaftaran di beberapa partai.

“Insya Allah kami juga membuka komunikasi di tingkat provinsi dan pusat,” katanya.

Sebagai informasi, Arsyad Kasmar berasal dari Baebunta. Ia pernah bertarung pada Pilkada 2005 dan 2010 yang berakhir dengan kekalahan.

Dua Balon Bupati Lainnya

Tak hanya Gerindra, 2 partai juga diketahui memberikan sinyal untuk mendukung balon Bupati lainnya, yakni Golkar dan Nasdem. Adapun Golkar hampir dipastikan mengusung petahana Indah Putri Indriani pada Pilkada Lutra tahun 2020. Demikian dikatakan Ketua DPD I Golkar Sulsel M Nurdin Halid di Kantor DPD II Golkar Luwu Utara, Jl Simpurusiang, Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, Jumat (22/11/2019). Olehnya jika diusung Golkar dengan perolehan 8 kursi di Lutra maka dipastikan Indah sudah bisa lolos sebagai calon.

BACA JUGA:  Update Corona 31 Maret Sulsel: Positif 50, Meninggal 5 Orang, Ini Rinciannya

Sedangkan Nasdem, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Lutra akan mengusung kadernya pada Pilkada 2020 Lutra. “Di Pilkada Lutra, NasDem bersikap realistis, dalam Internal partai ada tokoh dan kader terbaik partai, yakni Wabup, Muhammad Thahar Rum (Ketua DPD II Partai NasDem Lutra). Kenapa tidak, kita solidkan kekuatan  mendorong Thahar Rum jadi Bupati,” ucap Wakil Ketua DPRD Lutra, Awaluddin pada media ini, Sabtu (23/11/2019).

Pilkada Lutra Bisa 4 Paslon Jalur Partai

Adapun hasil pileg 2019 lalu di Lutra: Golkar 8 kursi, Nasdem 4 kursi, Gerindra 4 kursi PAN 4 kursi, Hanura 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PKB 2 kursi, PKS 2 kursi, PDIP 2 kursi, Perindo 2 kursi, dan PPP 1 kursi.

Saat melaunching tahapan Pilkada Lutra 2020 di halaman gedung teras Adira Masamba, Jumat (13/12/2019) lalu, Ketua KPU Lutra, Syamsul Bahri mengatakan, daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada di Luwu Utara berjumlah 217.040 jiwa. Menurutnya, jumlah ini memungkinkan untuk empat pasangan calon dari jalur partai politik (parpol). Sementara pasangan calon jalur perseorangan memungkinkan sembilan pasangan calon.

“Jalur partai politik ini bisa merekrut tujuh kursi di DPRD luwu Utara atau 20 persen,. Sementara jalur perseorangan harus mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebanyak 21.619 lembar dengan pesebaran delapan kecamatan,” kata Syamsul, usai kegiatan tersebut. (Ar/Ip)

Advertisements
‘PostBanner’

Comment