by

Golkar Sulsel Tak Berhasil Jaring Cakada di Gowa, Apakah Tanda Masih Kuatnya Adnan-Kio?

Smartcitymakassar.com – Gowa. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Partai Golongan Karya (Golkar ) Sulawesi Selatan telah melakukan survei kekuatan kandidat Cakada (calon kepala daerah).

‘FooterBanner’


Hasilnya, hanya di Kabupaten Gowa, Golkar tidak berhasil menjaring satu pun calon kandidat untuk maju di Pilkada serentak 23 September mendatang.

“Sementara jalan (proses survei). Kalau Gowa tidak masuk (tidak diikutkan dalam survei);” kata Ketua Tim 9 Penjaringan Cakada DPD 1 Partai Golkar, Kadir Halid, Selasa (14/1/2020).

Kadir Halid mengatakan tidak melakukan survei kandidat di Gowa, karena tidak ada peserta. Enam peserta yang sempat mendaftar tidak mengikuti tahapan penjaringan yang ditentukan partai Golkar. Tahapan penjaringan Partai Golkar, dimulai, pengambilan formulir, pengembalian, wawancara, uji kompetensi dan survei.

“Iya betul (enam pendaftar itu tidak mengikuti tahapan penjaringan,” kata Halid.

Diketahui keenam kandidat dimaksud adalah Hasan Hasyim, Kaharuddin Daeng Bombong, Nurhikmah Olla Daeng Cora, Darmawangsa Muin, Ria Effendy, dan Sugianto Pattanegara.

Kadir menambahkan, proses survei untuk menguji kompetensi kandidat yang bakal diusung berlangsung selama dua minggu. Golkar mensurvei kekuatan calon kandidat sebagai indikator menentukan usungan kandidat pada Pilkada mendatang. Hasilnya nanti dikirim ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk diputuskan.

“Survei kita lakukan selama dua minggu sampai tanggal 27 Januari,” jelas Kadir Halid.

Masih Kuatnya Adnan- Kio

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) tak hanya merilis tingkat kepuasan masyarakat Gowa terhadap kepemimpinan Adnan Purichta Ichsan. Selain merekam tingkat elektabilitas, LSI juga melakukan simulasi jumlah pasangan potensial di Pilkada Gowa 2020. LSI tetap memaketkan Adnan dengan wakilnya saat ini, Abdul Rauf Mallagani (Karaeng Kio).

BACA JUGA:  Rumor Reshuffle, Jubir Persaudaraan Alumni 212 Usulkan Nama Luhut Binsar

“Simulasi wakil Adnan tetap Karaeng Kio. Karena memang kita tahu mereka berdua akan tetap bersama (di Pilkada Gowa 2020),” ungkap Direktur PT LSI, Agustinus Budi Prasetyohadi, saat mempresentasikan hasil surveinya di Hotel Mercure, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (27/11/2019).

Budi mengatakan, jika simulasi dengan empat pasangan, maka duet Adnan-Kio unggul dengan 69,32 persen. Selanjutnya, jika simulasi dengan tiga pasangan, maka paket Adnan-Kio tetap unggul jauh dengan 69,77 persen.

“Bahkan kalau head to head atau dua pasangan itu, tingkat elektabilitas Adnan-Kio mencapai 72,61 persen. Jadi, jika semakim sedikit pasangan, maka elekabilitas petahana akan semakin tinggi,” tegas Budi.

Diketahui, survei LSI dilakukan pada periode 14-19 Oktober dengan jumlah responden sebanyak 880 orang. Responden tersebar diseluruh kecamatan di Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah multistage random sampling. Tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, dengan margin of error sebesar 3,37 persen. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment