by

Korut Tak Mau Lanjutkan Perundingan Nuklir, Kecuali AS Penuhi Tuntutan yang Diajukan

Bendera Korea Utara (ist)

Smartcitymakassar.com – Terkait persoalan nuklir, menurut salah satu pejabat senior Korea Utara, Sabtu (11/1/2020), Korea Utara tidak akan melanjutkan perundingan nuklir, kecuali AS menerima tuntutannya tanpa syarat.

“Kami telah membuang waktu dengan AS selama 1.5 tahun,” kata Wakil menteri luar negeri Korea Utara, Kim Kye Gwan seperti dilansir dari Voa Indonesia, Minggu (12/1/2020).

‘FooterBanner’


Kim yang juga merupakan seorang diplomat senior mengatakan, hubungan Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump tetap positif.

“Tapi itu urusan pribadi dan pemimpin kami, yang mewakili negara dan bekerja demi kepentingan negara, tidak akan mengambil keputusan berdasarkan hubungan pribadinya,” tegas Kim.

BACA JUGA:  Mahkamah PBB Perintahkan Myanmar Harus Lindungi Muslim Rohingnya

“Agar dialog bisa terwujud, AS harus menerima tuntutan kami tanpa syarat. Namun, kami sadar bahwa AS belum siap untuk melakukannya, atau tidak bisa melakukannya,” tambahnya.

Diplomat Korea Utara itu tidak mengatakan apa tuntutan Korea Utara. Korea Utara sering mengeluh mengenai AS dan sanksi-sanksi internasional, serta tentang latihan militer gabungan dan penjualan senjata AS-Korea Selatan. (Ip/VOA)

‘PostBanner’

Comment