by

Soal Serangan Rudal ke Pangkalan Militer Amerika di Iraq, Ini Kata Trump

Ket. Foto: Donald Trump/ist

Smartcitymakassar.com – Washintong. Menurut sumber salah satu pejabat militer kepada VOA, pangkalan udara Irak al-Assad di Provinsi Anbar, yang juga menjadi pangkalan pasukan Amerika, sedang dihujani tembakan rudal, kata sumber salah satu pejabat militer kepada VOA.

Namun ketika ditanya oleh wartawan VOA, Carla Babb, apakah perkembangan baru itu berarti respons Amerika Serikat saat ini di kawasan tersebut, tidak berhasil, sumber pejabat militer yang tidak disebut namanya itu, mengatakan “ini berarti permainan sudah berubah.”

‘FooterBanner’


Pejabat militer itu menambahkan Amerika akan melancarkan serangan pencegahan, jika diperlukan, untuk menghentikan serangan atas pasukan Amerika di kawasan itu.

Sebagai informasi, Provinsi Anbar sempat menjadi pusat pemberontakan kelompok Sunni dan merupakan pangkalan kelompok militan ISIS yang pernah menguasai kota-kota seperti Fallujah dan Ramadi serta kota-kota dan desa-desa lainnya di sepanjang Sungai Efrat, Iraq.

Belum ada pihak atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket pada Rabu (8/1/2020) dini hari waktu setempat itu.

BACA JUGA:  Gol Tunggal Messi Bawa Barcelona Kalahkan Granada

Namun laporan kantor berita Associated Press mengutip Stasiun Televisi Iran mengatakan, pemerintah telah meluncurkan ruda darat-ke-darat ke pangkalan udara itu.

Sumber-sumber VOA mengatakan, sedikitnya telah terjadi 30 penembakan rudal seperti itu. 

Tanggapan Trump

Terkait dengan penyerangan rudal tersebut, Presiden Amerika, Donald Trump akhirnya angkat bicara.

Menurut Trump, sampai saat ini semua masih baik baik saja. Adapun korban dan kerusakan saat ini masih dalam proses penyelidikan.

“Semua baik baik saja! Rudal yang diluncurkan dari Iran ke dua pangkalan militer di Iraq. Korban dan kerusakan sementara diselidiki sekarang,” kata Donald Trump melalui akun Twitter-nya @realDonaldTrump, Rabu (8/1/2020).

Trump menyampaikan akan memberikan keterangan resminya besok pagi.

“Sejauh ini baik! sejauh ini kita memiliki militer yang paling kuat dan paling lengkap di seluruh dunia! Saya akan membuat pernyataan besok pagi,” kata Donald Trump melalui akun Twitter-nya. https://twitter.com/realDonaldTrump/status/1214739853025394693?s=19

(Ip/VOA)

‘PostBanner’

Comment