by

Disambut Baik Menhan AS, Prabowo Akan Kirim Taruna RI Belajar Ke AS

Ket. Foto: Menhan Prabowo/ist

Smartcitymakassar.com – Bangkok. Indonesia dan Amerika Serikat berkomitmen untuk terus bekerja sama menciptakan perdamaian kawasan Indo Pasifik, dalam hal pendidikan dan pelatihan pertahanan.

Demikian diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan RI, dari hasil pertemuan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan AS Mark Esper, di sela-sela pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat dan 6th ADMM Plus, Bangkok, Thailand, Sabtu (16/11/2019).

‘FooterBanner’


“Di dalam defence strategic yang baru, AS menempatkan Indo-Pacific sebagai faktor yang harus diperhatikan, di mana di situ terdapat Indonesia sebagai pemain yang sangat berperan besar di dalam kawasan Indo Pasifik,” jelas Dirjen Strahan Kemhan, Mayjen TNI Rizerius Eko HS.

BACA JUGA:  Soal Pemberhentian Dirut Garuda Indonesia, Ini Kata Jokowi

Guna memperkuat kerja sama pertahanan kedua negera, maka Prabowo mengungkapkan keinginannya agar dapat mengirimkan beberapa taruna dan taruni untuk mengikuti pendidikan di AS, baik di Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, maupun Akademi Angkatan Udara.

Menyambut baik keinginan Prabowo, Esper pun mengungkapkan siap untuk menerima taruna dan taruni Indonesia untuk dapat belajar di Amerika Serikat.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, keduanya juga membahas dimulainya kembali latihan bersama Pasukan Khusus dan Pasukan Pemeliharaan Perdamaian PBB. Esper juga menyatakan akan berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment