by

Wagub Sulsel Buka Kegiatan “Gerakan 15 Menit Mengaji”

Keterangan: Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membuka acara “Gerakan 15 Menit Mengaji” Satuan Pendidikan SMA/SMK Negeri dan Swasta, Kamis (7/11/19) / foto: Humas Pemprov Sulsel

Smartcitymakassar.com, Makassar. Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, membuka acara “Gerakan 15 Menit Mengaji” Satuan Pendidikan SMA/SMK Negeri dan Swasta di Phinisi Ballroom, Hotel Claro, Kamis (7/11/19).

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan ini dihadiri oleh 813 orang guru agama yang berasal dari kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

‘FooterBanner’


Andi Sudirman seperti dikutip Antara, Senin (18/6/19), sangat mengapresiasi literasi Quran, salah satunya dengan menginisiasi jalur prestasi hafidz di Sekolah Menengah atas/ Kejuruan di Sulawesi Selatan.

“Di Sulawesi Selatan telah dilaksanakan program literasi Quran 30 menit setiap hari Jumat, itu bagus untuk anak kita. Lahirnya program ini merupakan imun untuk kekebalan agama, fundamental anak. sebagaimana kita harus memberikan pemahaman agama yang ditafsirkan dengan rujukan, bukan tanpa rujukan,” ungkap Andi Sudirman.

Dia menambahkan, “Gerakan 15 Menit Mengaji” diharapkan siswa diberikan bimbingan pembelajaran tajwid dan pengetahuan fundamental agama. Dengan adanya gerakan ini, juga akan mengurangi dampak kenakalan remaja. Pelajaran tersebut tertuang ke dalam modul dasar, tahsin, hafalan surah, dan hadis pilihan.

BACA JUGA:  Tanggapi Nota Keuangan dan RAPBD Tahun 2020, Fraksi PPP DPRD Sulsel Soroti Ini

“Perlahan kita juga mengajarkan As-Siyasah Syar’iyah, tujuannya adalah bagaimana menciptakan generasi yang berkarakter akhlak yang betul-betul mencerminkan Agama Islam. Harapan kami, melahirkan generasi berkarakter akhlak yang baik, bebas paham radikalisme dan Insya Allah kelak menjadi pemimpin pemimpin idealis, bermoral, profesional, anti korupsi, bebas paham radikalisme sesat dan amanah,” tambahnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel memberikan kerja nyata dalam pengembangan Tahfidz Al-Quran. Bulan Ramadhan lalu, Pemprov mencanangkan program satu desa satu hafidz yang diikuti oleh puluhan orang hafidz Alquran dari berbagai daerah di Sulsel.

“Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas di bidang Pendidikan dan merupakan program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel,” ujar Kepala Bidang SMA, M. Sabri.** (MT)

‘PostBanner’

Comment