by

(Video) Pelantikan Presiden dan Wapres Juga Dikawal Nyi Roro Kidul?

Ket. Foto: Paranormal Ki Sabdo/ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Sebanyak 30.000 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan dalam rangka pengamanan  pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, yang akan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2019. Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Pengamanan mulai dilaksanakan hari ini, pasukan insert ke wilayah-wilayah sesuai dengan tanggung jawabnya. Pasukan yang dilibatkan 30.000,” ucap Hadi saat gelar pasukan di Lapangan Monas, Kamis (17/10/2019).

‘FooterBanner’


Namun selain pengamanan dari TNI-Polri, ada pengamanan yang menyita perhatian masyarakat khususnya di sosial media. Adapun pengamanan yang dimaksud adalah datang dari mahluk halus.

Seorang paranormal bernama Ki Sabdo mengaku diperintahkan Jokowi melakukan ritual di depan ruang paripurna Nusantara V, Kompleks Parlemen, saat ini membuat heboh sosial media. Apalagi Ki Sabdo menjelaskan bahwa ritual tersebut untuk memastikan pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan bantuan makhluk halus.

Adapun pengamanan makhluk halus termasuk dari Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul. Selain itu menurutnya, ada juga Jin Kayangan, Nyi Blorong, dan lain-lain. Dia yakin, pengawalan spiritual seperti itu merupakan hal yang wajib, agar pelantikan Jokowi dan Ma’ruf Amin bisa lancar, tanpa ada halangan. 

“Mantap sudah, Jokowi pasti dilantik. Tidak ada halangan. Nanti yang menghalangi, itu urusannya Ratu Selatan, urusan saya. Saya akan beresin,” kata Ki Sabdo, melalui video yang viral di sosial media.

BACA JUGA:  MUI Jatim Larang Ucapkan Salam Agama Lain, Ini Kata MUI Pusat

Salah satu Partai pengusung Jokowi-Ma’ruf yakni NasDem, menilai video Ki Sabdo yang tengah melakukan ritual gaib untuk pengamanan di gedung Nusantara V tidak relevan dengan era saat ini.

Menurut Ketua DPP NasDem, Taufiqulhadi, Nyi Roro Kidul tak mau datang ke Jakarta.

“Dunia sudah masuk ke era revolusi industri tahap ke-4, masih ada orang seperti itu (ritual). Tapi saya beritahukan, Pak Jokowi tidak ada urusan sama sekali dengan hal-hal sejenis ini. Karena itu, saya nyatakan ini sama sekali tidak relevan,” ujar Taufiqulhadi kepada wartawan, Jumat (18/10/2019) malam.

Taufiq kembali menegaskan, pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin tidak ada kaitannya dengan mahkluk halus. Taufiq kemudian juga menyinggung mitos Nyi Roro Kidul.

“Jadi tidak ada hubungan sama sekali dunia halus. Tidak ada hubungan dengan Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul tidak mau jalan terlalu jauh hingga ke Jakarta yang sudah masuk laut utara,” ujarnya sambil berkelakar. (Aan/Ip)

Berikut video ritual Ki Sabdo:

‘PostBanner’

Comment