by

Pilwalkot Makassar, Pengamat Ingatkan ASN Agar Tunjukkan Sikap Netral

Ket. Foto: ASN dalam politik/ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Pemilihan Walikota Makassar (Pilwalkot) 2020 semakin menghangat. Berbagai manuver politik dari bakal calon walikota beserta tim pemenangannya semakin gencar dan variatif.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Pusat Kajian Politik dan Kebijakan Publik (PKPK), Muh Saifullah menilai apa yang dilakukan para bakal calon merupakan sesuatu yang wajar dalam memperebutkan simpati publik sekaligus meningkatkan elektabilitasnya.

‘FooterBanner’


“Yang perlu dicermati adalah kecenderungan pelibatan aparatus sipil negara (ASN) dalam ikut mendukung yang kemudian dimobilisasi dengan sistemik dan terstruktur oleh pimpinannya”, ujar peneliti PKPK ini ketika dihubungi, Sabtu (19/10/2019).

Apalagi, imbuh Saiful, pelibatan ASN dalam politik praktis bisa diancam hukuman administratif hingga pemecatan.

BACA JUGA:  Terkait Dugaan Adanya "Mafia Anjal", Kamil Kamaruddin : Soal Itu Bukan Ranah Kami

“ASN harap hati-hati dan sebaiknya menahan diri karena bila kehilangan akal sehat bisa bakal merugikan diri dan keluarganya sendiri”, katanya.

Saiful juga mengingatkan agar Pilwali Makassar bisa dijadikan contoh daerah lain dalam hal kesantunan, fairnes, sikap sportif dan yang lebih penting menghindari saling menghujat.

“Publik butuh contoh yang baik dari para pemimpinnya. Karena demokrasi yang kuat dan dewasa hanya bisa dimulai dari sikap para pemimpin”, pungkasnya. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment