by

Petrokimia Gresik Terima Anugrah Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award

Ket. Foto: petrokimia terima penghargaan/ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. PT Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding PT Pupuk Indonesia, menerima anugerah Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) kategori Platinum dari Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN). Penganugerahan secara simbolis diterima oleh Direktur Pemasaran Petrokimia Gresik, Meinu Sadariyo di Jakarta, Rabu (16/10).

 Meinu Sadariyo menjelaskan bahwa Petrokimia Gresik meraih Raksa Nugraha ICPA karena komitmen dalam penyelenggaraan perlindungan terhadap konsumen. Perusahaan menerapkan sejumlah Sistem Manajemen untuk memberikan jaminan mutu produk yang dipasarkan ke konsumen. Diantaranya adalah Standar Nasional Indonesia (SNI), International Fertilizer Association (IFA) Protect & Sustain Product Stewardship, dan lainnya.

‘FooterBanner’


“Ini adalah hasil dari Program Transformasi Bisnis Petrokimia Gresik untuk menjadi market leader dan dominant player di sektor pupuk, non-pupuk, dan pelayanan lainnya untuk solusi agroindustri. Sekaligus bentuk pengakuan pihak luar atas komitmen Petrokimia Gresik dalam memberikan perlindungan kepada konsumen melalui produk dan pelayanan berkualitas,” ujar Meinu.

 Perlindungan konsumen berikutnya, lanjut Meinu, adalah jaminan distribusi. Petrokimia Gresik memiliki jaringan gudang, distributor, kios, serta petugas lapangan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan jaringan tersebut, Petrokimia Gresik menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi sesuai alokasi, serta ketersediaan pupuk non-subsidi dan produk lainnya sesuai kebutuhan petani maupun pelaku agroindustri.

 Petrokimia Gresik juga memiliki program edukasi petani sebagai bentuk komitmen perlindungan konsumen. Program ini terdiri dari demonstration plot (demplot) yang membuktikan langsung manfaat produk di lahan-lahan pertanian, sosialisasi dan cara aplikasi produk, fasilitas mobil uji tanah yang dapat menginformasikan kondisi tanah beserta rekomendasi pemupukannya, serta Program Peningkatan Produktivitas Pangan.

BACA JUGA:  Terjadi Baku Tembak Satgas TNI/Polri dan KSB di Intan Jaya Papua, Satu Tewas

“Jadi kami tidak sekedar memproduksi dan mendistribusikan produk saja, melainkan memberikan pelayanan dan solusi bagi petani dan pelaku agroindustri yang menggunakannya,” ujar Meinu Sadariyo.

 Ketua BPKN Ardiansyah Parman menjelaskan bahwa penganugerahan ini merupakan salah satu bagian dari upaya BPKN dalam membangun kepercayaan konsumen dalam bertransaksi barang maupun jasa yang selanjutnya akan meningkatkan perekonomian negara. Menurutnya, negara maju seperti Amerika Serikat dan China serta di sejumlah negara Eropa telah menggunakan isu melindungi konsumen dan perdagangan untuk menjaga ekonomi.

“Perlindungan konsumen dapat menjadi arus utama langkah pembangunan di sektor dan wilayah dimana membangun percaya pasar dalam bertransaksi menjadi tujuan bersama seluruh stakeholders pembangunan,” katanya.

 Sementara itu, penilaian Raksa Nugraha menggunakan model bisnis kinerja unggul Malcolm Baldridge National Quality Award (MBNQA) dengan pendekatan pemeringkatan. Terdapat juga kuesioner sebagai instrumen penilaian yang disusun berdasarkan pendekatan MBNQA dan dilakukan penilaian atau kriteria dengan konsep ADLl (Approach, Deployment, Learning, Integration). Penilaian ini akan menempatkan Pelaku Usaha yang dinilai masuk dalam kelompok peringkat Diamond, Platinum, Gold, Silver dan Bronze. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment