by

Piala Eropa: Spanyol Lolos ke Putaran Final

Ket. Foto: Soanyol lolos ke putaran final piala eropa/ist

Smartcitymakassar.com – Stockholm. Timnas Spanyol lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Kepastian itu diraih setelah menahan imbang tuan rumah Swedia 1-1 di Friends Arena, Rabu (16/10) dini hari WIB.

Hasil imbang membuat Spanyol kukuh dipuncak klasemen Grup F dengan 20 poin. Sementara Swedia berada di urutan kedua dengan 15 poin. Dua laga sisa di grup ini akan menentukan nasib Sebastian Larsson dkk.

‘FooterBanner’


Pada pertandingan tadi, Spanyol yang berstatus tamu langsung menekan sejak menit awal, Ancaman berbahaya sudah mereka hadirkan ketika laga baru berjalan tujuh menit. Thiago Alcantara mampu mengecoh dua pemain untuk menusuk hingga kotak penalti Swedia.

Ia lalu berusaha melewati kiper Robin Olsen. Upaya pemain Bayern Munich ini hampir berhasil andai bola tak lepas dari kontrolnya.

Spanyol kembali mengancam empat menit berselang. Sepak pojok Fabian Ruiz menghadirkan kemelut di depan gawang Swedia.

Bola liar menghampiri Rodri yang langsung melepas sepakan voli. Olsen sigap mengadang sepakan pemain Manchester City ini dengan terbang menepis bola.

Di menit ke-21, kiper AS Roma ini beraksi lagi untuk menggalkan peluang tim tamu. Sundulan Gerard Moreno menyambut umpan Daniel Carvajal cekatan diamankannya.

Swedia yang sempat tertekan perlahan mampu mengendalikan situasi untuk giliran keluar menyerang. Peluang emas untuk tuan rumah hadir di menit ke-32.

Umpan silang Mikael Lustig dari sisi kanan mampu disambut dengan sundulan terarah Robin Quaison. Namun bola gagal menggetarkan jala Spanyol usai De Gea melakukan tepisan dengan satu tangan.

BACA JUGA:  Kabar Buruk Bagi PSM, Wiljan Pluim Dipastikan Absen hingga Liga 2019 Berakhir

Kegemilangan dua penjaga gawang membuat laga di babak pertama berakhir tanpa gol. Meski baik Swedia maupun Spanyol saling bertukan peluang.

Lima menit selepas jeda, pasukan Janne Andersson mengejutkan Spanyol dengan mampu mencetak gol. Berawal dari umpan silang Quasion, Marcus Berg berhasil menyundul bola. Usahanya masih mampu digagalkan De Gea.

Bola muntah yang kemudian disambar Emil Forsberg Kembali bisa ditahan kiper Manchester United ini. Tapi penyelamatanya tersebut kemudian sia-sia karena bola justru mengarah ke kepala Berg yang dengan satu sentuhan mencatatkan namanya di papan skor.

Pada menit ke-62, De Gea yang tampil apik terpaksa harus meninggalkan lapangan lebih cepat. Ia mengalami cedera sehingga digantikan oleh Kepa Arrizabalaga.

Spanyol yang tertinggal 0-1, menggempur lini pertahanan Swedia untuk mendapatkan gol balasan. Di menit ke-73, Mikel Oyarzabal punya peluang untuk usai menerima umpan dengan tumit dari Rodri.

Namun Olsen lagi-lagi menjadi tembok dari serangan Tim Matador. Ia dengan cepat menutup sudut tembakan pemain Real Sociedad ini.

Usaha tak kenal menyerah Spanyol akhirnya membuahkan hasil di menit akhir laga. Sepak pojok Rodri mengarah ke Ruiz yang tak terkawal.

Ia lalu melepas tembakan yang mampu dibelokkan Rodrigo untuk memperdayai Olsen. Skor 1-1 ini menutup laga di Stockholm. (Ar/Ab)

‘PostBanner’

Comment