by

(Video) Demo Mahasiswa UIN dan UNM, Ini Lokasinya

Ket. Foto: Demo UNM depan DPRD Sulsel/ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Ratusan mahasiswa Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin  Makassar) mulai berunjukrasa di depan kampus mereka Jl Sultan  Alauddin, Makassar, Senin (30/9/2019) siang.

Dari pantauan, mahasiswa yang baru tiba sekitar pukul 14.15 Wita, dari kampus UIN Samata, langsung memblokade jalan. Blokade jalan dilakukan dengan memalang truk tronton di tengah badan jalan. Ada dua truk panjang yang dipalang. Satu di lajur arah pertigaan Jl Sultan Alauddin-AP Pettarani, satu di lajur arah Kabupaten Gowa.

‘FooterBanner’


Olehnya, para pengendara dari dua lajur jalan tersebut pun dialihkan ke jalan depan ruko yang ada di seberang jalan depan kampus UIN Alauddin.

Adapun tuntutan mahasiswa yaitu terkait kenaikan tarif iuran BPJS dan beberapa isu lainnya.

“Tuntutan kita masih tetap sama, bubarkan BPJS, menolak hasil revisi Undang-Undang KPK, menolak RUU Pertanahan dan beberapa isu lainnya yang kami anggap tidak pro terhadap rakyat,” kata Presiden Mahasiswa (Presma) UINAM, Junaedi.

Sementara itu, ditempat yang berbeda, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Makassar  (UNM) mulai mengepung gedung DPRD Sulawesi Selatan di Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Senin (30/9/2019) siang.

BACA JUGA:  Ratusan Masyarakat Hadiri Pelantikan WPP Wajo, Andi Etti Bilang Begini

Para mahasiswa ini kembali turun menyuarakan tuntutan mereka terkait sejumlah Rancangan Undang-Undang (RUU) yang tidak pro-rakyat. Selain itu mereka juga menuntut DPR dan Pemerintah mencabut UU KPK yang sudah disahkan. Tak hanya itu BEM UNM juga mengecam tindakan refresif aparat Kepolisian dalam menangani aksi demonstrasi dalam beberapa hari terakhir di Makassar.

Dari pantauan, peserta aksi berorasi di depan gedung DPRD Jl Urip Sumoharjo. Selain berorasi, mereka juga membawa spanduk yang berisi tuntutan dan sindiran kepada anggota DPR.

Hingga berita ini ditulis, peserta aksi masih melakukan orasi di depan gedung dewan.

Sebagai informasi, dalam aksi mahasiswa ini, mendapat pengawalan ketat dari aparat Kepolisian. Tak hanya di luar gedung, di halaman gedung juga ratusan Polisi berjaga jaga.Polisi juga disiagakan di Flyover Jl Urip Sumoharjo. (Ar/Ip)

Berikut videonya:

‘PostBanner’

Comment