by

Promosi Pariwisata Bertajuk ‘Toraya Maelo Tourism Expo 2019’ Berlangsung di Atrium Trans Studio (TSM) Metro Tanjung Bunga

Keterangan Foto: Toraya Maelo Tourism Expo 2019 merupakan salah satu event promosi persembahan pemerhati pariwisata untuk untuk Tana Toraja yang dalam hal ini Designer Mayaratih, I’M production dan 3Pro Entertainment

Smartcitymakassar.com – Makassar. Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai salah satu daerah dengan potensi destinasi wisata yang sudah tidak diragukan lagi membuat pemerintah kabupaten terus melakukan promosi, baik luar negeri maupun dalam negeri.

Salah satu kegiatan promosi yang dilakukan pemerintah kabupaten Tana Toraja melalui Dinas Pariwisata Kabupaten adalah Toraya Maelo Tourism Expo 2019.
Event pengganti Lovely Desember ini berlangsung di Atrium Trans Studio (TSM) Jalan Metro Tanjung Bunga, pada Sabtu hingga Minggu besok, 28-29 September 2019 besok.

‘FooterBanner’


Dijadwalkan yang akan hadir untuk membuka Toraya Maelo Tourism Expo 2019 ini adalah Bupati Tana Toraja, Ir Niko Biringkanae didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa’ bersama dengan salah satu perancang kondang tanah air, Mayaraih.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa’ mengatakan Toraya Maelo Tourism Expo 2019 merupakan salah satu event promosi persembahan pemerhati pariwisata untuk untuk Tana Toraja yang dalam hal ini Designer Mayaratih, I’M production dan 3Pro Entertainment.

“Kami dari pemerintah Tana Toraja menfasilitasi segala kebutuhan yang berkaitan dengan potensi dan hasil kerajinan yang akan dipamerkan, pengrajin dan senimannya, bahan baku tenun dan kopi,” ujarnya.

Dijelaskan Rospita bahwa Toraya Maelo Tourism Expo 2019 ini adalah rangkaian pengganti Lovely December yakni Kemilau Toraja 2019. Jadi pameran ini akan menjadi pembukanya. Pemkab juga menggandeng salah satu Event Organizer yang dalam hal ini I’M in Indonesia Production dan 3Pro Entertainment.

“Kegiatan ini juga menjadi wadah promosi pariwisata Tana Toraja apalagi pada bulan Desember mendatang akan digelar event kebudayaan pengganti Lovely December yakni Kemilau Toraja 2019,” terangnya.

Lanjut ibu cantik yang akrab disapa Napa’ ini menyampaikan bahwa Toraya Maelo Tourism Expo 2019 akan menjadi event Promosi pariwisata Tana Toraja yang lahir dari tangan-tangan kreatif para pemerhati pariwisata nusantara yang memiliki kesamaan visi terhadap kemajuan pariwisata tanah air.

“Nantinya 3Pro Entertainment akan mengeksplorasi potensi pariwisata Tana Toraja untuk dipromosikan kepada para wisatawan dan dikemas dalam bentuk pameran di Trans Studio Mall Makassar,” terangnya.

Adapun sejumlah potensi pariwisata Tana Toraja yang akan dieksplorasi dalam Maelo Tourism Expo 2019 ini adalah:
1.Toraya Maelo Lokal Product Exhibition sebuah pameran produk lokal Tana Toraja seperti aksesori, kain Toraja, Tas dan sandal berbahan kain tenun Toraja, anyaman, dan lain-lain
2.Toraya Maelo Photo Exhibition yaitu pameran foto-foto dari destinasi pariwisata Tana Toraja sebagai bahan promosi/sosialisasi.
3.Art & Craft Installation yaitu promosi kekuatan budaya Tana Toraja yang akan memamerkan kesenian khas daerah Tana Toraja seperti kain dan penenunnya dan proses Tenunnya, ukiran dan pengukir dan proses mengukirnya, lukisan, manik-manik, anyaman, dan lain sebagainya.
4.Toraja Caffe Booth yaitu caffee shop yang akan memamerkan ragam kopi Toraja, juga diisi tasting dan cupping caffee
5.Lomba kreasi busana Toraja berbahan dasar tenun Toraja.
6.School Visit dan Activities yaitu mengedukasi anak_anak untuk tentang kebudayaan Toraja dengan kegiatan menggambar ukiran Toraja pada mobil dan media lain.
7.Stage Activities yaitu hiburan Toraja dengan menampilkan ragam tarian Toraja, musik tradisional, ma’ lambuk, teater, dan live musik.

Baca Juga:  Kembalikan Formulir Perindo: Sukriansyah: Insya Allah Kita Akan Bersama

“Untuk menambah kemeriahan pameran, selain menghadirkan salah satu desainer ternama tanah air yakni Maya ratih, kami juga mendatangkan gues star performance Sabtu, 28 September 2019 nanti malam yakni Maria Calista,” sambungnya.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Ir Niko Biringkanae mengatakan Toraya Maelo Tourism Expo 2019 yang akan diselenggarakan di Atrium Trans Studio Mal 28 hingga 29 September 2019 mendatang itu adalah salah satu ajakan dan undangan kekeluargaan #ayoKeToraja .

“Kami berharap melalui Toraya Maelo Tourism Ekspo ini menjadikan Tana Toraja yang lebih baik dan berdaya saing, terutama dalam bidang pariwisata kedepan,” pungkasnya.

Orang nomor satu di Tana Toraja ini juga menyampaikan bahwa event yang akan diselenggarakan selama dua hari itu mampu menghadirkan Tana Toraja menjadi sumbu energi pariwisata daratan berbasis budaya, bisa lebih dikenal dengan baik secara nasional maupun internasional .

“Lewat event ini berharap juga menjadikan peluang usaha dan investasi dalam mendorong pertumbuhan eknomi rakyat di Tana Toraja,” urainya.

Terakhir kata Niko, parawisata Tana Toraja dapat menempatkan kopi dan tenun sebagai komoditi unggulan melalui upaya bersama di kalangan.

Hal ini bisa lewat program pemkab dan sinergi dengan masyarakat melalui kerjasama dengan lembaga internasional dan nasional dengan meningkatkan event promosi wisata,
“Yaitu dengan cara menjejaki kerjasama sister city. Terimah kasih ‘Kurresumanga,” tutupnya**(Jen)

‘PostBanner’

Comment