by

Saut Situmorang Mundur dari Pimpinan KPK, Ini Kata Jokowi

Ket. Foto: Saut Situmorang/ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Firli Bahuri akhirnya terpilih sebagai ketua KPK periode 2019-2023 setelah melalui rapat komisi III DPR RI, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Merespon hal tersebut, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang, langsung menyatakan mundur sebagai pimpinan KPK periode 2015-2019. Hal itu diungkapkannya melalui surat elektronik yang dikirimkan ke seluruh pegawai KPK, Jumat (13/9/2019).

‘FooterBanner’


“Saudara-saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK-terhitung mulai Senin 16 September 2019,” kata Saut.

Terkait pengunduran Saut Situmorang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara. Menurutnya, keputusan mundur dari jabatan merupakan hak dari setiap orang.

“Ya itu hak setiap orang. Untuk mundur dan tidak mundur adalah hak pribadi seseorang,” kata Jokowi, Jumat (13/9/2019).

Presiden Jokowi lantas merespons anggapan pimpinan KPK yang kesulitan bertemu dirinya untuk membahas rencana revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK (UU KPK). Menurutnya, tak sulit untuk bertemu dirinya. Jokowi menyatakan banyak pihak yang sudah bertemu dirinya untuk memberikan masukan terkait revisi UU KPK.

“Wong yang bertemu saya banyak dan gampang. Tokoh-tokoh kemarin, yang berkaitan dengan RUU KPK juga sudah bertemu dan mudah. Gampang. Lewat saja dengan Mensesneg, kalau sudah atur waktunya,” jelas Jokowi. (Aan/Ip)

‘PostBanner’

Comment