by

Ditanya Soal Nama yang Berangkat ke Luar Negeri, Sekwan: Itu Privasi Anggota DPRD Sulsel

Ket. Foto: gedung DPRD Sulsel/ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Jelang masa jabatannya berakhir, sekitar belasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel), diketahui melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke negara-negara Timur Tengah dan Eropa.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kadir Halid, membenarkan Kunjungan Kerja (kunker) ke luar negeri sejumlah anggota dewan.Termasuk anggota dewan dari Fraksi Golkar juga ikut bersama rombongan.

‘FooterBanner’


“Ada berangkat ke luar negeri. Saya tidak tahu berapa banyak, tanya sekwan DPRD,” ujar Kadir Halid.

Kadir mengaku tidak tahu siapa siapa yang berangkat, karena ia tidak masuk dalam peserta yang ikut. Tetapi menurut Kadir Halid, kunjungan ke luar negeri adalah perjalanan dinas yang masuk dalam program DPRD Sulsel.

“Sudah program kan untuk ada kunjungan luar negeri, agendanya sudah ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulsel, M Jabir, membenarkan keberangkatan sejumlah anggota dewan itu ke luar negeri.Jabir mengatakan, kunjungan

ke luar negeri bukan perjalanan pribadi, tapi perjalanan dinas. Adapun Kunker tersebut sudah mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Negara (Segneg) dan Kementerian Luar Negeri.

“Perjalanan dinas karena diundang oleh pemerintah negara yang bersangkutan, dan program ini sudah lama, sama tahun 2018,” Kata Jabir.

Jabir menjelaskan, salah satu negara tujuannya adalah Turki dan beberapa negara lainnya.Perjalanan dinas dilakukan selama tujuh hari sesuai dengan izin yang dikeluarkan Mendagri.

“Soal negara tujuan disesuaikan dengan undangan dari negara yang bersangkutan,” jelas Jabir.

Lanjut Jabir mengatakan,kunjungan ke luar negeri dilakukan secara bertahap sesuai dengan permitaan negara bersangkutan. Kunjungan dibatasi maksimal 5 orang.

“Untuk saat ini baru sekitar 15 orang yang berangkat,” Ungkap Jabir.

Namun saat dikonfirmasi nama anggota DPRD yang berangkat, Jabir enggan membeberkan, alasanya itu adalah privasi anggota dewan,” pungkasnya. (Ib/Ip)

‘PostBanner’

Comment