by

Tahun 2020, Harga Rokok Bakalan Naik Lagi

Ket. Foto: ilustrasi dilarang merokok/ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Buat para perokok, siap-siap saya menjerit karena di tahun 2020 harga rokok bakalan naik. Dikabarkan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan kembali bakal menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) alias cukai rokok. Kenaikannya akan menjadi dua digit ke level di atas 10 persen pada 2020. 

Hal ini dilakukan karena telah disepakatinya pertumbuhan penerimaan dari CHT pada 2020 sebesar 9 persen atau naik dari usulan Ditjen Bea dan Cukai sebelumnya sebesar 8,2 persen.

‘FooterBanner’


Menurut Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi, kenaikan target penerimaan tentunya harus diiringi dengan kenaikan tarif cukai rokok. Karena, akan berkontribusi langsung kepada persentase pertumbuhan penerimaan nantinya.

“Yang pasti akan ada kenaikan. Angka belum ada tapi dengan naiknya target penerimaan akan berdampak pada kenaikan tarif,” kata Heru di Istana Jakarta, Selasa (3/9/2019).

BACA JUGA:  Jubir Adama, Indira Mulyasari Imbau Patuhi Protokol Kesehatan Saat Pengundian Nomor Urut Paslon

Kenaikan tarif cukai rokok itu, kata Heru, akan ditetapkan nantinya dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Meskipun belum ada ditetapkan, namun sudah dipastikan akan di atas 10 persen.

Iya double digit tapi angkanya belum. Iya (di atas 10 persen),” katanya. 

Terkait pembicaraan dengan pengusaha rokok, Heru menuturkan ke depan masih ada rapat lanjutan. Peningkatan target penerimaan negara dari cukai rokok ini menurutnya juga akan diiringi dengan peningkatan pengawasan dari bea dan cukai.

“Dengan tujuan supaya nanti yang ilegal itu semakin kecil dan diharapkan nanti bisa meningkatkan rokok yang legal,” pungkasnya. (Ar/Ip)

‘PostBanner’

Comment