by

Putaran Final Liga Berjenjang U-16 Piala Mempora Bakal Mulai Bergulir

Ket. Foto: Liga berjenjang U-16 piala Menpora/ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Liga Berjenjang U-16 (LBU16) Piala Menpora 2019 segera memasuki penyelenggaraan seri nasional. Putaran final yang akan diikui 34 tim juara dari provinsi se-Indonesia ini dipusatkan di Banten.

Koordinator Nasional LBU16 2019, Mohamad Kusnaeni atau Bung Kus, menerangkan bila seri nasional digulirkan pada 1-6 September 2019. Ada 6 tempat yang akan dipakai. Baik stadion maupun lapangan.

Enam tempat itu adalah Stadion Benteng, Stadion Sport Center Kelapa Dua, Stadion Mini Cisauk, Stadion Mini Pakujaya, Lapangan Yonif 203, dan Lapangan Arhanud 003. Saat ini proses perizinan sedang diurus Manajemen Kompetisi (MK) selaku operator LBU16.

Terkait rekomendasi penyelenggaraan dari PSSI, MK sudah mengantongi sejak bulan lalu. Artinya semua perangkat pertandingan resmi memakai dari Askab dan Askot di bawah naungan Asprov PSSI Banten.

Kemudian berdasarkan petunjuk pelaksanaan seri nasional yang dikirimkan MK kepada seluruh koordinator provinsi (korprov) LBU16 2019, disebutkan tim juara yang bertanding di seri nasional, harus tiba di Banten paling lambat 1 September 2019.

Setibanya di Banten para pemain tim yang bertanding akan menjalani screening. Pemeriksaan dokumen yang dibutuhkan antara lain ID Card seri provinsi, Kartu Keluarga, Ijazah/Kartu Pelajar, dan surat keterangan sehat.

Baca Juga:  Danny Diundang Hadiri “54 Tahun Singapur Day” di Jakarta

Untuk undian pembagian grup seri nasional, MK menetapkan digelar pada 31 Agustus 2019. Mulai pukul 19.00 WIB di Banten. Pertemuan teknik lalu digelar pada 1 September 2019 malam.

Mengenai pelaksanaan seri nasional nanti, Bung Kus berharap setiap tim yang bertanding bisa meningkatkan kualitas pertandingan, dari yang sudah berkualitas sejak LBU16 pertama digelar pada 2016. Sebelumnya kompetisi ini bernama Liga Pelajar U-16 Piala Menpora.

“Setiap tim peserta diharapkan memaksimalkan peluang membawa 50 persen pemain hasil talent scouting di Seri Provinsi dan Seri Region,” kata Bung Kus yang juga Direktur MK.

“Sehingga semua tim menjadi lebih kuat, sekaligus bisa menjaring pemain-pemain muda terbaik di daerah.

“Saya juga berharap sukses Tim Pelajar di Borneo Cup dan Gothia Cup dalam tiga tahun terakhir dapat menjadi inspirasi dan penambah motivasi tim-tim peserta Seri Nasional.”

“Melalui kompetisi ini, kita sudah membuktikan bisa mengorbitkan pemain ke tim nasional, seperti Beckham Putra Nugraha, Fajar Faturahman, Alif Jaelani, dan sebagainya,” tutur Bung Kus.(AR/AB)

‘PostBanner’/

Comment