by

Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UMI Gelar Pelatihan Pembuatan Bandeng Presto

Keterangan Foto: Kelompok Mitra “Diva” di pelatihan pembuatan bandeng presto, Desa Gentung Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep

Smartcitymakassar.com – Makassar. Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Muslim Indonesia, Dr. Ir. Andi Asni, MP., Dr. Ir. Hamsiah, M.Si., dan Dr. Ir. Kasmawati, MP., memberi pelatihan pembuatan Bandeng Presto bagi ibu-ibu pada kelompok “Diva” di Desa Gentung Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkep sebagai kelompok mitra (27/7).

Pelatihan tersebut sebagai implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai bentuk pengimplementasian dari Tri Darma perguruan tinggi dan merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Pengabdian Masyarakat dan dakwah Universitas Muslim Indonesia dengan kementerian Riset dan Teknologi Tahun 2018/2019.

‘FooterBanner’


Tujuan kegiatan PKM ini adalah untuk membatu kelompok mitra meningkatkan teknologi dan managemen usaha.

Metode pendekatan yang ditawarkan untuk mendukung kegiatan program Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah metode partisipatif dimana mitra yang terlibat lansung dalam pelaksanaan kegiatan mulai dari persiapan sampai terlaksananya kegiatan tersebut dengan model Sosialisasi dan Demonstrasi.

Kegiatan pelatihan ini diikuti 20 peserta yang terdiri dari Ibu-Ibu Rumah Tangga yang bergabung pada Kelompok Pengolah Ikan Bandeng.

Pemateri Dr. Ir. Andi Asni, MP. Sebagai ketua pelaksana PKM menjelaskan bahwa Kecamatan Labakkang termasuk wilayah pesisir di Kabupaten Pangkep yang memiliki tambak potensial pengahasil ikan bandeng, dimana pada saat musim panen melimpah permasalahan yang dihadapi masyarakat hasil panen ikan bandeng tidak terjual habis di pasar.

Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pengolahan, salah satu bentuk olahan bandeng yaitu Presto yang aneka rasa dengan formulasi bumbu sesuai rasa, bentuk pengolahan bandeng Presto aneka rasa (rasa coto, konro dan pallumara) merupakan salah satu bentuk pengolahan diversifikasi produk perikanan rasa ciri khas Sulawesi Selatan yang dapat menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Pangkep.

Baca Juga:  Berusaha Kabur, 3 Pelaku Begal Ini Terpaksa Dilumpuhkan Timah Panas

Selanjutnya dijelaskan Teknologi pembuatan Presto dilakukan dengan menggunakan Panci Presto dengan tujuan untuk melunakkan tulang ikan bandeng. Ikan Bandeng Presto yang dihasilkan pada pelatihan ini sudah diberi kemasan dan label yang menarik dengan nama produk Bandeng Presto Raja Gurih dengan berbagai rasa.

Pemateri ke dua Dr. Ir. Kasmawati, MP. Memberikan materi tentang manajemen usaha meliputi pembukuan dan pemasaran. Pembukuan skedul atau jadwal produksi, catatan pengeluaran dan pemasukan serta metodo pemasaran.

Salah satu cara pemasaran yang diajarkan pada mitra adalah dengan pemasaran bentuk online melalui aplikasi dan media sosial melalui WA dan facebook.

Pada rangkaian kegiatan PKM ini juga diserahkan kepada ketua kelompok mitra Ibu Mustika berupa Panci Presto dan alat Pres Kemasan, serta plastik Kemasan yang sudah diberi label.

Harapan dari kegiatan Pengabdian Kepada masyarakat (PKM) ini adalah setelah mengikuti pelatihan ibu-ibu anggota mitra menjadi lebih kreatif dan produktif khususnya dalam membuat produk Bandeng Presto dan menjadikan suatu usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat**(Jen)

‘PostBanner’

Comment