by

Tunaikan Perintah Allah SWT di Hari Raya Iduladha, P3E Suma Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Keterangan Foto: Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma), melaksanakan acara penyembelihan hewan kurban, Senin (12/8)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Dalam rangkaian Hari Raya Iduladha Tahun 1440 H/ 2019 M, Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, yang beralamat di Jalan P. Kemerdekaan Km. 17 Makassar, Senin (12/8), melaksanakan acara penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan di halaman belakang kantor.

Penyembelihan hewan kurban disaksikan Kepala P3E Suma, Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si, sebelum memulai prosesi penyembelihan hewan kurban mengungkapkan, “kali ini kurban sebenarnya selama ini sering diasosiasikan dengan kurban atau berkurban. Nah sebenarnya itu tidak terlalu tepat meskipun saya tidak bisa katakan itu salah tapi kurban itu dari kata qurban atau qarib, qarib atau karib itu dekat sebenarnya inti dari kurban adalah kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memberi ke orang lain.”

“Sebenarnya lebih ke memberi kepada diri sendiri jadi marilah kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah lewat berbagi kepada orang lain karena itu qurban berasal dari qarib, artinya dekat-dekat aja kalau dalam bahasa Indonesia Sahabat,” tandas Kepala P3E Suma kepada.

Dikatakan Faizal Muis selaku Ketua pelaksana kurban Kantor P3E Suma, “Moment perayaan Iduladha tahun 2019 Masehi atau 1440 Hijriah, Kantor P3E Sulawesi dan Maluku Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga turut melakukan pemotongan hewan kurban pada sehari setelah lebaran kita akan melaksanakan pemotongan hewan kurban yang terdiri dari 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing, mudah-mudahan apa yang kita laksanakan sebagai salah satu perintah agama.”

Baca Juga:  PJ Wali Kota Makassar Buka Festival Kemerdekaan Grab

“kita dapat diridhoi oleh Allah SWT dan kita mendapatkan pahala,” sebutnya.

“Makna yang tersirat dari kurban ini sebenarnya kita bagaimana meneladani kehidupan Nabi Allah Ibrahim beserta Anaknya Nabi Ismail di mana contoh keteguhan dan ketabahan di dalam menjalankan perintah Allah SWT itu yang bisa menjadi suri teladan bagi kita semua di era kehidupan informasi yang begitu cepat. Keteladanan Nabi Ibrahim menjadi contoh suri tauladan itu yang kita perlu ketahui,” terang Faisal Muis.

Berdasarkan kisah tersebut, kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku melaksanakan ritual penyembelihan hewan dengan kondisi sehat dan layak untuk dikonsumsi.

Perayaan Iduladha memiliki makna perjalanan keimanan seorang hamba dalam menunaikan perintah Allah. Nabi Ibrahim rela mengurbankan anaknya demi melaksanakan perintah Allah. Peristiwa ini merupakan hikmah yang mendalam**(Jen)

‘PostBanner’/

Comment