by

Meski Banyak Positifnya, Ombudsman Sulsel: Banyak Keluhan yang Masuk dari Orang Tua Siswa

Ket. Foto: pendaftaran siswa baru/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan, Subhan Djoer menyatakan sistem zonasi dalam PPDB 2019 memiliki banyak dampak positif, meskipun diakui juga banyak menerima keluhan dari orangtua/wali calon siswa.

“Banyak sekali keluhan yang masuk dari orang tua siswa pada PPDB jalur zonasi,” ungkap Subhan Djoer di Makassar, Senin (1/7/2019).

Keluhan tersebut didominasi berasal oleh orangtua siswa yang putra atau putrinya tidak lulus di sekolah yang diinginkan, bukan melihat dari sekolah terdekat dari tempat tinggalnya. Menurut Subhan, keluhan wali siswa lantaran masih menggunakan mindset lama. Mereka beranggapan masih bisa mendaftar di sekolah mana saja. Soal jarak tak menjadi soal.

Baca Juga:  Didesak Masyarakat Tamalate Bertarung di Pilwalkot 2020, DP: Tunggu ma'

“Dan mereka merasa tidak adil jika anaknya tak lulus di sekolah yang diinginkan,” jelasnya.

Karena itu kata Subhan, hal ini juga sekaligus menjadi sebuah keunggulan sistem zonasi karena berusaha menyamaratakan kualitas setiap sekolah. Serta mampu meniadakan transaksional di sekolah dengan jual-beli kursi secara tertutup.

“Selama ini proses PPDB 2019 juga berlangsung lancar. Selanjutnya, tinggal Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel mewujudkan pemerataan kualitas sekolah,” pungkasnya. (AR/IP)

‘PostBanner’/

Comment