by

KPPU Rencana Panggil Menteri Rini Soal Rangkap Jabatan Direksi Garuda, Bagaimana BUMN Lain?

Ket. Foto: Rini Soemarno/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berencana memanggil Menteri BUMN Rini Soemarno. Pemanggilan tersebut dilakukan untuk meminta keterangan terkait rangkap jabatannya Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara di tiga perusahaan penerbangan.

“Nanti kami akan rapat juga apakah perlu memanggil Ibu Rini Soemarno,” ujar Komisioner KPPU Guntur Saragih di Jakarta, Senin (1/7/2019).

Guntur menjelaskan, saat diperiksa Ari menyatakan rangkap jabatan tak melanggar aturan di Kementerian BUMN. Atas dasar itu, KPPU perlu meminta keterangan dari Rini soal hal tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya Direktur Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menyatakan rangkap jabatan di tiga perusahaan penerbangan dilakukan untuk menjaga aset negara.

Selain jadi sebagai komisaris utama Sriwijaya Air dan Citilink.

“(Saya) rangkap jabatan didasari atas kepentingan untuk menyelamatkan aset negara,” ujar Ari di kantor KPPU, Jakarta, Senin (1/7/2019).

Ari menambahkan, rangkap jabatan tersebut juga sudah sesuai ketentuan yang berlaku. Namun, dia tak menjelaskan aturan yang dimaksud.

Baca Juga:  Tips Pembayaran Elektronik dari Mastercard Untuk Ibadah Haji 2019

“Posisi rangkap jabatan sudah mendapatkan persetujuan sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku,” kata Ari.

Tak Hanya di BUMN Garuda

Bicara tentang rangkap jabatan bagi para petinggi BUMN, secara kolektif  tugas  Dewan  Komisaris adalah melakukan pengawasan terhadap pengurusan Perusahaan yang dilakukan oleh Direksi serta memberikan nasihat berkenaan dengan kebijakan Direksi dalam menjalankan Perusahaan.

Rangkap jabatan Direksi BUMN yang juga menjadi Komisaris bukan hanya terjadi pada BUMN Garuda. Hal ini terlihat juga pada BUMN Semen Indonesia.

Dilansir dari portal resmi Semen Tonasa http://www.sementonasa.co.id/komisaris17.php Benny Wendry, MM menjadi Komisaris Utama PT Semen Tonasa sejak 24 Januari 2018 hingga sekarang.

Dilansir dari portal Semen Indonesia https://semenindonesia.com/manajemen Benny juga merupakan Direktur Produksi Semen Indonesia. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment