by

Soal Hak Angket DPRD Sulsel, SYL: Harus Disikapi Hati-hati

Ket. Foto: SYL sikapi hak angket DPRD Sulsel/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Hak angket terhadap pemerintahan Gubernur dan wakil gubernur Sulsel akhirnya disetujui setelah mayoritas legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel menyetujui  hak angket tersebut, dalam rapat paripurna DPRD Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Sulsel, Senin (24/6/2019).

Menanggapi hal tersebut, menurut mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL), hak angket itu hak tertinggi legislasi yang dijamin undang-undang, sehingga jangan diremehkan dan dipandang sebelah mata. Hak Angket DPRD itu demi menegakkan  check and balances.

“Jadi itu berarti legislatif merupakan bagian tak terpisahkan dari kekuasaan pemerintah lainnya, eksekutif dan yudikatif. Kan begitu kita terjemahkannya. Jadi ini harus disikapi hati-hati, baik teman-teman di DPRD atau eksekutif,” kata SYL saat ditemui wartawan di Wakrop Phoenam Boulevard, Selasa (25 /6/2019).

Baca Juga:  Ketua BP ACC Sulawesi: Polisi Harus Lakukan Tindakan Cepat

SYL pun menambahkan, hak angket merupakan hak kontrol DPR atau DPRD terhadap kebijakan eksekutif. Maksud pemisahan kekuasaan itu katanya, demi mencegah supaya kekuasaan negara itu tidak berada pada satu tangan atau satu organ saja, sehingga dikhawatirkan dapat menimbulkan penyalahgunaan kekuasaan oleh organ tertentu atau istilahnya abuse of power.

“Mudah-mudahan ini kita semua mengerti ini dan semua bisa bijak,” katanya.

“Tapi janganmi deh, panjang-panjang nanti nyerempet-nyerempet lagi bela. Tidak mauka,” sambung SYL. (AR/IP)

‘PostBanner’/

Comment