by

Soal Dugaan Sejumlah Proyek Jadi Jatah Keluarga Dekat Gubernur NA, Ombudsman Sulsel: KPK Harus Mengecek Kebenarannya

Ket. Foto: Nurdin Abdullah/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Dikabarkan sejumlah proyek di Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi jatah orang dekat bahkan keluarga Gubermur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA).

Beberapa proyek tersebut dikabarkan berasal dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel. Proyek tersebut berupa pembangunan jalan, jembatan dan beberapa proyek lainnya.

‘FooterBanner’


Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman Sulsel, Subhan mengatakan bila kejadian tersebut benar, maka ini termasuk kategori maladministrasi dan bisa diduga tindak pidana korupsi.

“Kalau benar kejadian ada pembagian jatah proyek untuk keluarga dan kolega atau cukong Politik, maka itu masuk kategori Maladministrasi dan Korupsi. Karena pembagian jatah atau pengaturan pemenang tender selalu diawali dengan perjanjian fee, atau pemberian fee dan dilanjutkan dengan gratifikasi,” ujar Subhan, Jumat (21/6/2019).

BACA JUGA:  Pelaku Spesialis Jambret di Sapiria Benteng Somba Opu Dibekuk Polsek Rappocini

“Maka itu masuk kategori tindak pidana dan harus diusut. Jika terbukti maka tender dapat dibatalkan dan semua yang terlibat pengaturan dan bagi bagi fee harus ditangkap dan diproses hukum,” tambah, Subhan.

Dengan demikian, Subhan berharap penegak hukum seperti KPK harus turun tangan mengecek kebenaran sejumlah proyek yang dikabarkan dijatah oleh keluarga dekat serta kerabat Gubermur, Nurdin Abdullah.

“Bukan hanya KPK, tetapi Kejaksaan dan Kepolisian juga bisa melakukan penyelidikan, kan belum tentu benar beritanya, jangan jangan hanya untuk menjatuhkan Gubernur, biasanya instansi yang bermain,” pungkasnya. (*IB/IP)

‘PostBanner’

Comment