by

Dipimpin Warga BTN Mangga Tiga, Komplotan Begal Diringkus Polrestabes Makassar

Ket. Foto: komplotan begal/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Jatanras Satreskrim Polrestabes Makassar meringkus 11 orang komplotan begal yang kerap beraksi dan memicu keresahan warga di wilayah Kota Makassar dan Kabupaten Maros. Adapun bertindak selaku otak dan pimpinan komplotan ini adalah Rahmat alias Enal (27), warga BTN Mangga Tiga, Kecamatan Biringkanaya. Empat pelaku lainnya, yakni MNH (17), N (17), TW (18), AR (16) bertindak sebagai joki dan eksekutor. Sedang enam pelaku lainnya, yakni Kahar (24), Abidin (34), Aminuddin (29), Rahman (38), Andi Jamal (20), serta Fadil (21) diketahui sebagai penadah barang hasil kejahatan.

Komplotan Enal diketahui kerap beraksi di sejumlah wilayah di Kota Makassar seperti di Kecamatan Tamalanrea dan Biringkanayya. Tak jarang, mereka juga kerap beraksi di wilayah Kabupaten Maros (sekitar area perbatasan Kota Makassar).

“Mereka ini sudah beraksi sejak bulan Desember 2018 lalu hingga bulan April 2019. Ada total 24 TKP mereka lakukan pencurian dengan kekerasan (curas),” kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko saat dikonfirmasi, Selasa (18/6/2019).

Baca Juga:  Curi Sepeda, Pelajar Ini Diciduk Polsek Tamalanrea

Indratmoko menjelaskan, Enal dalam aksinya, tak segan-segan melukai korbannya apabila nekat melawan saat akan dirampas barang berharganya. Bermodalkan parang panjang, ia menakut-nakuti atau menebas korbannya.

Adapun komplotan Enal beserta empat anak buahnya ini, polisi mengenakan pasal 365 ayat 2 KUHP dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara. Sementara enam penadah hasil kejahatan mereka dikenakan pasal 480 KUHP dengan hukuman 4 tahun penjara. (AR/IP)

‘PostBanner’/

Comment