by

Pertamina Tegaskan: Tidak ada Kelangkaan dan Harga Melonjak Tinggi, Stok LPG 3 Kg Seluruh Wilayah Sulawesi, Sangat Aman

Keterangan Foto: Tabung LPG 3 Kg bersubsidi (Istimewa)

Smartcitymakassar.com – Makassar. PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VII membantah adanya kelangkaan LPG Tabung 3 Kg di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, yang mengakibatkan harga LPG bersubsidi itu melonjak tajam.

Baca Juga:  DPR Dan Pemerintah Sepakati Batas Minimal Usia Perkawinan 19 Tahun

“Kita pastikan tidak ada kelangkaan, apalagi dikabarkan harganya sampai tembus Rp 70.000,-/ tabungnya,” ujar Hatim Ilwan, Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR VII.

‘FooterBanner’


Kepastian tidak adanya kelangkaan LPG Tabung 3 kg itu, menurut Hatim, didasari dari hasil pemantauan langsung tim lapangan Pertamina setelah melakukan sidak ke daerah yang sempat dikabarkan mengalami kelangkaan. “Fakta dari tim lapangan, mereka tidak menemukan LPG 3 kg dijual sampai Rp 70.000,- per tabung seperti yang dikabarkan,” ujarnya.

Dari hasil sidak di beberapa pengecer dan pangkalan di Kelurahan Bontomacinna, Kecamatan Gantarang Kab. Bulukumba, masih menurut Hatim, harga LPG 3 Kg paling tinggi pun hanya berkisar di level Rp 20.000/tabung. “Itu juga dengan posisi stok LPG 3 Kg di pengecer pun masih tersedia rata-rata 3 sampai 7 tabung,” ujarnya.

Bahkan, di saat momen Lebaran ini khusus di Kabupaten Bulukumba, Pertamina juga sudah merencanakan penyaluran fakultatif lebih dari 40.000 tabung sepanjang 5-9 Juni 2019. “Angka ini meningkat 15% dari rata-rata penyaluran bulanan saat normal,” tutur Hatim.

Meski memprediksi kanaikan selama Ramadan dan Idul Fitri mencapai 9,4%, tetapi sepanjang periode Ramadhan hingga H+1 Idul Fitri, total peningkatan konsumsi LPG 3 Kg di wilayah Sulawesi baru mencapai 7,9% dari rata-rata konsumsi normal sepanjang 2019. “Sementara pada periode yang sama tahun lalu peningkatannya hanya sekitar 6%,” ujar Hatim.

Lantaran peningkatan konsumsi masih berpeluang terjadi 2 minggu paska Lebaran, Pertamina terus memantau sekaligus memastikan masyarakat yang membutuhkan tetap mudah mendapatkan LPG Tabung 3 Kg. Salah satunya mengagendakan operasi pasar. “Jadi masyarakat tetap tenang dan tidak usah panik karena stok LPG 3 Kg untuk seluruh wilayah Sulawesi sangat aman,” ujar Hatim.

Hatim menuturkan, Pertamina selalu hadir dengan berbagai programnya guna memastikan ketersediaan LPG khususnya Tabung 3 kg yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin sesuai dengan aturan Pemerintah tetap berjalan lancar. “Kami juga menghimbau masyarakat untuk membeli LPG 3 Kg subsidi ini di pangkalan resmi,” ujarnya.

Peran dan partisipasi aktif masyarakat jika menemukan agen atau pangkalan yang terbukti melanggar, misalnya menjual di atas HET (harga eceran tertinggi), menurut Hatim juga diharapkan. “Masyarakat bisa segera melaporkan ke call center Pertamina di nomor 135,” jelasnya seraya menegaskan pihaknya tidak segan menerapkan sanksi kepada agen dan pangkalan yang melanggar aturan.

Selain LPG tabung 3 Kg, masyarakat juga bisa mencari alternatif varian LPG lainnya karena Pertamina juga menyediakan LPG Non Subsidi dengan varian Bright Gas 5,5 Kg dan 12 Kg serta LPG tabung biru 12 Kg dan 50 Kg, bagi masyarakat mampu, restoran, dan pengusaha hotel. “Kami siap memenuhi berapa pun kebutuhannya,” pungkas Hatim**(Jen/Ril)

‘PostBanner’

Comment