by

Tingkatkan Kesadaran Berzakat, Pemkot Makassar dan Baznas Teken MoU

(Keterangan: Pemkot Makassar dengan Baznas Kota Makassar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di ruang rapat Sipakatau Lantai ll, Kantor Wali Kota Makassar Senin (6/5/19) / foto: Ist.)

Smartcitymakassar.com, Makassar. Dalam rangka meningkatkan kesadaran berzakat bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Makassar dan Perusahaan Daerah (Perusda) Kota Makassar diselenggarakan pertemuan dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membahas kerjasama antara keduanya.

Pertemuan antara Pemkot Makassar dengan Baznas Kota Makassar melahirkan kerjasama dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di ruang rapat Sipakatau Lantai ll, Kantor Wali Kota Makassar Senin (6/5/19).

Ketua Baznas Kota Makassar Anis Zakaria Kama mengatakan, penandatanganan MoU dilakukan untuk meningkatkan kesadaran setiap ASN lingkup Pemkot Makassar dalam rangka mengumpulkan zakat melalui Baznas.

Anis menyebutkan, sejak tahun lalu hingga saat ini hanya 11 SKPD yang telah pengumpulkan zakat melalui pemotongan gaji.

Dia juga menyebutkan, pengumpulan zakat rata-rata meningkat setiap tahunnya sekitar 2 milyar. “Setiap tahun peningkatan dari zakat sekitar Rp 2 miliar. pengumpulan terbesar berasal dari ASN di pemkot, karena Pemkot Makassar lebih terstruktur dan terorganisir,” kata Anis Kama.

Baca Juga:  Pelajari Inovasi Layanan Publik, Peserta PKN LAN RI Kunjungi Kota Makassar

Hal yang sama diutarakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar Muhammad Ansar di acara penandatanganan MoU tersebut. Muhammad Ansar menjelaskan, pengumpulan zakat dengan melibatkan setiap ASN dan perusda sangat membantu Basnaz menyalurkan zakat bagi kaum dhuafa memasuki Idul Fitri tahun ini.

Menurutnya untuk meningkatkan kesadaran mengeluarkan zakat, pihaknya mendorong untuk peningkatan jumlah penerimaan zakat di Pemkot Makassar dengan mengeluarkan imbauan ke seluruh jajaran SKPD yang ada.

“Tentunya apa yang dilakukan oleh Basnaz kita dukung dan dorong sepenuhnya, apalagi ini menyangkut rukun Islam keempat yang wajib dilaksanakan bagi setiap Muslimnya,” terang Ansar.** (IB)

‘PostBanner’/

Comment