by

Acara Wisuda SMK Kehutanan Negeri Makassar Berlangsung Semarak

Keterangan Foto: Kepala Sekolah SMK Kehutanan Negeri Makassar bersama jajarannya dan wisudawan terbaik (Rilis)

Smartcitymakassar.com – Makassar. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui SMK Kehutanan Negeri (SMKKN) Makassar hari Sabtu tanggal 4 Mei 2019 telah mewisuda 97 orang, terdiri dari 19 perempuan dan 78 laki-laki.

Mereka adalah hasil seleksi siswa tahun 2016 dan 2015 dari 9 provinsi wilayah pelayanan SMKKN Makassar ( Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku Utara, NTB dan NTT). Wisudawan berjumlah 97 orang telah mengikuti pembelajaran dan mengikuti Ujian Nasional tahun 2019 dan dinyatakan lulus 100 persen.

Kepala SMKKN Makassar Haryono, S.Pd dalam laporannya berharap profil wisudawan sesuai tujuan SMKKN Makassar, yaitu menyiapkan tenaga teknis kehutanan tingkat menengah yang berakhlak mulia, sehat, profesional, mandiri dan berwawasan lingkungan serta terbinannya sikap disiplin dan tertanamnya jiwa korsa rimbawan.

Haryono dalam mencapai tujuannya juga tetap berupaya terus meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, kerjasama dengan berbagai badan usaha dan industri kehutanan dalam rangka tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Kepala sekolah juga melaporkan 3 wisudawan terbaik, yaitu terbaik ke 1 GERY VOVRIAN (Teknik Inventarisasi dan Pemetaan Hutan), ke 2 GRACE MYLINDA (Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan), dan ke 3 Brigita Geby (Teknik Konservasi SDH).
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan (BP2) SDM KLHK yang diwakili Sekretaris BP2SDM Ir. Sudayatna, M.Si telah mewisuda 97 lulusan di Plaza SMKKN Makassar dengan mengalungi medali setiap wisudawan.

Sekretaris BP2SDM didampingi Kepala SMKKN Makassar dalam prosesi wisuda dengan melepas Topi dan Evolet, serta memberi Ijazah kepada setiap lulusan.

Sudayatna dalam sambutan BP2SDM akan menyelenggarakan Pelatihan Tenaga Teknis PHPL –Penguji Kayu Bulat Rimba (Ganis PKBR) bagi lulusan SMKKN Kompetensi Keahlian Teknik Produksi Hasil Hutan. Pelatihan ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi lebih lengkap dan lebih diterima industri primer sektor kehutanan. Pelatihan ini adalah tindak lanjut kerja sama dengan Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi KLHK.

Baca Juga:  Berusaha Kabur, Dua Residivis Curas Ini Terpaksa ‘Dilumpuhkan’ Resmob Polsek Panakukang

Kedepan BP2SDM akan bekerja sama dengan sektor swasta dan BUMN yang terkait seperti Perum Perhutani, usaha pertambangan, dan jasa konsultasi. Lulusan SMKKN juga dapat mengisi lapangan kerja pada program pemerintah melalui Perhutanan Sosial dan KPH.

Acara kegiatan selain kegiatan prosesi wisuda, adalah penyambutan dan pengalungan bunga pada tamu kehormatan oleh perwakilan siswa yang diiringi “Angngaru” sejenis puisi dalam sastra Makassar.

Ucapan selamat datang dengan aksi heboh, kocak dan lucu, yaitu tarian Gandrang Gulo; dan Tarian 7 etnis (Sulsel, Sulbar, Gorontalo dan Papua) oleh siswi klas X SMKKN Makassar. Atraksi ketangkasan dari wisudawan sangat menarik bagi hadirin, yaitu Ketangkasan Baris Berbaris, dan Ketangkasan Bela diri.

Kegiatan wisuda ini dihadiri oleh sekitar 600 orang, selain dihadiri oleh Sekretaris Badan P2SDM ( Ir. Sudayatna, M.Sc), dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Sulsel ( Ir. H. Muhammad Tamzil. M.P ), Kepala UPT LHK lingkup Sulawesi Selatan, Kepala KPH lingkup Sulsel, Kepala Dinas Tenaga Kerja Makassar, Brimob Polda sulsel, Koramil, Polsek, Widaiswara, Mantan Kepala SMKKN Makassar (Dra. Anriani, MP), Mantan Kepala SKMA Makassar (Ir. Iskandar Zulkarnaen dan Ir. Anhar, MP), Guru dan Tenaga Kependidikan, Mitra Kerja, para kedua orang tua wisudawan, siswa kelas X dan kelas XI, serta undangan lainnya.

Di sela-sela acara wisuda, SMKKN Makassar sebagai UPT LHK BP2SDM KLHK memperkenalkan 5 calon siswa ( 3 Putra dan 2 Putri) dari Timor Leste. Penerimaan calon siswa tersebut sebagai tindak lanjut kerjasama luar negeri antara Negara Indonesia dengan Negara Timor Leste, melalui Kementerikan KLHK**(Jen/Ahmad S)

‘PostBanner’/

Comment