by

Pemprov Sulsel Nyatakan Makassar Siap Jadi Ibu Kota Negara

Ket. Foto: Wisma Negara Makassar/Ist

Smartcitymakassar.com – Makassar. Presiden Jokowi berencana  memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Menanggapinya, Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) menyatakan Kota Makassar siap jika rencana itu terealisasi.

“Jadi kalau terkait dengan isu ibu kota negara ini di Makassar siap,” ungkap Kabiro Umum dan Perlengkapan Pemprov Sulsel Muhammad Hatta, Selasa (30/4/2019).

Hatta mengatakan, justru pembangunan di Makassar sudah menyiapkan siteplan pembangunan wisma negara. Wisma negara ini berada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), yang berada di kawasan Pantai Losari, Makassar.

“Jadi pemprov itu ada konsep siteplan pembangunan wisma negara,” katanya.

Proyek ini telah dirintis pada 2011-2017 era kepemimpinan Gubernur Syahrul Yasin Limpo. Gedung serbaguna wisma negara ini juga berada satu kompleks dengan masjid 99 kubah kebanggaan warga Kota Makassar. Pembangunan gedung serbaguna wisma negara ini disebut menggunakan dana sekitar Rp 98 miliar. Gedung ini diketahui memiliki luas 76 x 40 meter persegi. Anggaran pembangunan ini berasal dari APBD Pemprov Sulsel.

Saat dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Tata Ruang Pemprov Sulsel Darmawan Bintang menjelaskan di area wisma negara rencananya akan berdiri 4 gedung di atasnya. Setelah gedung serbaguna, akan ada wisma negara untuk tempat menginap kepala negara, hall, dan perpustakaan.

Baca Juga:  Bank Mandiri Error, Sejumlah Netizen Mengaku Saldonya Berubah

“Yang terbangun sekarang itu gedung serbaguna untuk pertemuan. Jadi prinsipnya, lahannya sudah tersedia, dananya semuanya dari APBD, pernah dijanjikan oleh pemerintah pusat untuk diberikan bantuan, tapi sampai sekarang belum turun,” terang Darmawan.

Dikatakannya, pembangunan wisma negara di Makassar merupakan salah satu prioritas pembangunan nasional.

“Pembangunan wisma negara itu salah satu prioritas nasional dulunya dan dimasukkan dalam perencanaan Bappenas, perencanaan Buku 3,” ujar Darmawan.

Karena itu, pihaknya menunggu adanya bantuan dari pemerintah pusat untuk membantu membangun kompleks wisma negara ini.

“Karena itu bagian dari usaha pemerintah untuk menyiapkan infrastruktur bagi kawasan Indonesia timur. Ini satu-satunya istana yang ada di luar Jawa kan ada di Makassar,” tegasnya. (Aan/IP)

‘PostBanner’/

Comment