Merasa Bertanggungjawab Atas Kekalahan Jokowi di Daerahnya, Bupati Mandailing Natal Mundur?

Ket Foto: Dahlan Hasan/Ist

Smartcitymakassar.com – Jakarta. Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution beredar di media sosial.

Ket. Foto: Surat pengunduran diri Bupati Mandailing Natal/Ist

Adapun pengunduran diri Dahlan tersebut diduga karena hasil Pilpres 2019 dimana paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Madina kalah. Bahkan jumlah suara dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin sangat minim di daerah itu. 

Adapun Dahlan merupakan Ketua Dewan Penasihat Nusantara Untuk Jokowi (N4J), untuk wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Iya, memang betul surat Pak Bupati (Dahlan). Kenapa enggak kecewa? Selain sebagai mora dan kerabat, pemerintah pusat melalui Pak Jokowi, ya, cukup besar andilnya kepada Madina,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Madina Muktar Afandi Lubis, Minggu (21/4/2019).

BACA JUGA  Bersama Ustaz Das'ad Latif, Jusuf Kalla Sambangi Masjid Kubah 99 Asmaul Husnah

Muktar menjelaskan, ada sejumlah proyek strategis di Kabupaten Madina yang akan mulai dibangun serta dianggarkan dari APBN.

“Pak Bupati sadar berharap terhadap hasil pajak bumi dan bangunan (PBB) kabupaten saja, kapan akan maju? Perlu kedekatan dengan pemerintah pusat, apalagi di situ mora kita. Semacam curhatlah Pak Bupati di surat itu dan menyampaikan kecewa kebijakan percepatan pembangunan tidak didukung,” kata Muktar

Atas hubungan itu, Bupati Dahlan menyebut Jokowi sebagai mora yang harus dihormati dan didukung. Namun pada kenyataanya, berdasar situs resmi KPU, Kabupaten Madina menjadi satu dari beberapa kabupaten/kota di Sumut yang menjadi lumbung suara Prabowo-Sandi.

BACA JUGA  Bersama Ustaz Das'ad Latif, Jusuf Kalla Sambangi Masjid Kubah 99 Asmaul Husnah

Sebagai informasi, hingga 21 April pukul 12.00 WIB, suara yang masuk untuk Prabowo-Sandi sebanyak 22.589 suara, sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya 5.201 suara.

Dahlan membenarkan surat pengunduran yang sudah beredar luas tersebut. Namun, dia menolak menjelaskan alasan pengunduran diri secara lebih detail.

Dahlan hanya menyatakan pengunduran dirinya tidak akan membuat pembangunan Kabupaten Mandailing Natal terhambat. Dia malah merasa kabupaten tersebut akan makin maju tanpa perannya.

“Manalah menghambat, lantaran sudah yakinnya rakyat apabila tidak saya pimpin, bahwa bisa dilanjutkan mereka,” ujar Dahlan.

Dalam surat yang beredar, Dahlan menyebut berbagai kemajuan di daerahnya berkat perhatian Presiden Jokowi. Namun, rupanya capres 01 itu kalah di Mandailing Natal, sehingga dia merasa perlu bertanggung jawab. (Aan/IP)

Lihat Semua

Share

Berita lainnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Comment

Lihat Semua