by

(Video) Aksi Peduli Komunitas Rumah Dongeng, Komunitas Jalan-Jalan Seru dan Polisi Literasi pada Dunia Pendidikan di Pelosok Sulsel

Ket. Foto: Aksi kepedulian 3 komunitas dalam dunia pendidikan di pelosok/Adityawarman

Smartcitymakassar.com – Makassar. Indonesia masih layak berharap banyak. Pasalnya, di tengah riuhnya berbagai berita yang memiriskan hati terkait politik yang dipenuhi oleh hoaks, fake news, masih ada anak bangsa yang bergerak diam-diam tanpa sorotan media untuk sebuah kepedulian dan aksi kerja nyata. Hal ini ditunjukkan oleh Komunitas Rumah Dongeng Kabupaten Sinjai Sulsel, Komunitas Jalan-Jalan Seru Makassar serta Komunitas Polisi Literasi yang bersinergi membantu memperbaiki, mempercantik sekolah dan ruang kelas serta menyemangati murid Sekolah Dasar (SD) di sebuah pelosok Indonesia di Desa Terasa, Kecamatan Manipi, Kabupaten Sinjai Barat, Sulawesi Selatan.

Sekolah Dasar (SD) pelosok tersebut adalah SDN 247 Kelas Jauh. Untuk menuju lokasi, tiga komunitas ini harus menempuh jalur yang lumayan sulit. Selain akses jalan yang licin dan menanjak, letaknya juga sangat terpencil. Diperlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan berkendaraan roda dua (motor) dan kemudian dilanjutkan dengan 2 jam berjalan kaki karena akses kendaraan sudah tak memungkinkan.

Namun sesampai di lokasi, suguhan pemandangan alam yang luar biasa terhampar dengan latar belakang pegunungan dan hamparan sawah menghijau serta udara yang membius sejuk.

Baca Juga:  Pengamat: Langkah NA Ganti Pejabat Pemprov Sesuatu yang Normal dan Sudah Tepat

Menurut salah seorang anggota Komunitas Jalan-Jalan Seru Makassar, Adityawarman, SDN 274 Pattiro Kelas Jauh terlihat sangat memprihatinkan.

“Gedungnya semi permanen dengan ruang kelas dibagi antara kelas 1 dan kelas 2, antara kelas 3 dan 4, kelas 5 dan 6 dengan dinding papan dan tanpa sekat”, ujarnya pada smartcitymakassar.com. (AR/YUS)

Berikut video aksi peduli 3 komunitas ini dalam kerja kepeduliannya pada pendidikan di pelosok Indonesia:

‘PostBanner’/

Comment